Saturday, January 31, 2009

AVG 8.0 : Pintar sekaligus Bodoh


Udah kesekian kalinya komputer gw harus gw format. Penyebabnya sih standar, virus ganas! Maklum, komputer gw udah ga keitung berapa kali dicolok-cabut hard disk yang terkontaminasi. Udah kaya AIDS yang nular lewat seks bebas (ga maksud porno kok, cuma bikin analogi perbandingan yang relevan dan gampang ditangkep aja..hehe).
Beragam anti-virus sempat gw jajal gantian (sama aja dong kaya analogi pertama tadi...ga konsisten nih). Mulai dari MacAfee (gw ganti soalnya terlalu berat, komputer gw jadi lemot), Norton (Gw ganti juga, soalnya lebih berat dari MacAfee!), sampe Kaspersky (Komputer gw kejebol Backdoor Trojan pas gw make Kaspersky).
Pilihan terakhir setelah gw format adalah AVG 8.0 Premium Edition. Pilihan tersebut didasarkan setelah gw melakukan observasi pada beberapa majalah dan review di Internet. Kebanyakan pemakai AVG puas karena nggak berat dan cukup ampuh membasmi virus-virus jahanam!
Minggu-minggu pertama memakai AVG gw lewati dengan kepuasan dan sanjungan. Emang bener, aman, ga kenal kompromi sama virus, proses update cepat, dan ga berat buat komputer. Sayang beberapa minggu kemudian gw mulai bete. Apa pasal? AVG terlalu ketat sama yang namanya ancaman sekecil apapun.
Sebagai pengguna internet yang 'baik', gw sangat memanfaatkan internet dengan akses yang namanya download software. Seringnya sih yang demo, trus habis itu gw bikin full version pake crack atau Keygen yang gw peroleh terpisah. Yang jadi masalah, crack atau Keygen itu adalah program ilegal karena biasanya bikinan hacker dan bukan keluaran pabrik. Apalagi Crack atau Keygen tersebut biasanya merupakan file 'perusak' tujuannya ya ngerusak system software supaya bisa unlock ke full version. Nah karena sifat itulah, AVG kerapkali mendescribe dua program tersebut sebagai Trojan. Akhirnya, crack dan keygen itu ga bisa gw jalanin karena udah dianggep sebagai 'penjahat kelas kakap' oleh AVG. Semua cara udah gw coba, mulai dari disable AVG sampe jalanin program itu lewat Sandbox. Ga ngaruh, gimanapun cara yang gw pake AVG tetep bisa ngegagalin aksi crack itu. Sial!! Artinya gw ga bisa install software jadi full version!!
Dampaknya, kalo ada keperluan mendadak terhadap satu software, ya ga bisa gw pake. Contohnya..beberapa hari lalu gw sangat butuh untuk make Adobe Audition. Software ini fungsinya buat ngerekam track lagu dari instrumen kita, kumplit sampe proses editing, mixing, mastering. Kebetulan gw butuh ini untuk proyek pribadi yang berhubungan sama romansa (curhat colongan dikitlah....). Karena ga bisa, ya terpaksa..gw harus sedikit ngoyo. Dengan bersenjatakan gitar di punggung, gw menunggangi kuda besi kerumah temen gw, dengan tujuan satu : NGEREKAM!! Dan dengan bawa gitar yang dibungkus softcase di punggung itu, gw harus ekstra hati-hati. Apalagi beberapa kali ujan turun dan gw harus neduh dulu. Gw ga mau ambil resiko dengan gitar gw berkarat atau kortlset (otak gw udah kortslet, gitar gw ga perlu ikutan kortlsetlah). Belum ditambah fakta gw kena macet gede, dan susah jaga keseimbangan motor kalo harus dibebani gitar di punggung. Nyebelin, kalo inget padahal sebenernya bisa gw lakuin sendiri di rumah seandainya software Audition itu jalan dirumah gw.. Apalagi sebelum gw make AVG, Audition itu lancar-lancar aja dan gw bisa ngerekam lagu sendirian di rumah. Dengan privasi dan ga perlu repot-repot.
Itu baru satu contoh, belum lagi kalo software penting dari developer kecil. Belum tentu temen gw punya software itu di komputer/lap topnya. Misalnya kaya intocartoon dll..gile, nyari dimana gw??
Huff, sampe sekarangpun gw masih mikir. Dan setiap gw ada masalah kaya gini, gw selalu inget dengan istilah PinPinBo ( Pintar-Pintar Bodoh). Ya, buat gw..AVG itu antivirus yang PinPinBo.
Mungkin sama juga kaya gw (lagi-lagi...curhat colongan)

2 comments:

  1. Kamu nyampah band xpdc. Aku jug a nyampah sm kamu. Xpdc msh kayak krn bisa berkarya. Kamu.. nulis gak da manfaatnya. Cuma mau Pamer n riya. Ciih menjijikan.. liat mukamu ja mau muntah.. wuueekk. Hid up musk rock.

    ReplyDelete
  2. Kamu nyampah band xpdc. Aku jg nyampah kamu. Xpdc msh kayak krn mampu berkarya. Kamu.. nulis gak da manfaatnya. Sok Pamer n riya. Liat mukamu langsung mau muntah. Wueekk. Hid up musik rock.

    ReplyDelete