Sunday, January 25, 2009

Januari dan Menatap Langkah ke Depan

Bulan Januari udah hampir sebulan berjalan. Selama sebulan ini, gw banyak introspeksi (terutama setelah mendapat wejangan dari mana-mana, termasuk nyokap sama big bro' ). Akhirnya, semua resolusi gw di taun ini baru terbentuk di akhir bulan. Mungkin telat, kalo inget biasanya resolusi selalu dicanangkan setiap taun baru. Tapi, telat bukan berarti masalah untuk bisa berubah jadi lebih baik kan?

Akademis dan Kuliah
Taun ini merupakan taun yang tepat untuk bener-bener serius kuliah (bukan berarti taun-taun kemaren gw ga serius lho). Fokus gw sekarang ini adalah ngejar IP. Salah satu langkah yang harus gw tempuh adalah mulai rajin 'nyuci' mata kuliah wajib semester-semester lalu yang pada dapet C sampe B-. Langkah awal, untuk semester ini gw ngambil lagi sebiji matkul anak semester 2. Bodo deh, biar di kelas teritung uzur, yang penting semangat pembaruannya bung! Lagipula, dengan adanya kebijakan baru dari jurusan (kalo nyuci, nilai yang diambil adalah nilai terbaik), makin bikin gw semangat dan optimis untuk melesatkan IP.
Selain itu, gw juga udah harus mempersiapkan tema skripsi gw (insyaAllah taun depan, atau satu setengah taun lagi udah mulai mau ngajuin). Untuk tema skripsi, kurang lebih gw udah menspesifikasi bidang yang mau gw ambil. Kalo nggak ngambil Amerika Latin (nah ini scope-nya masih luas bgt, belum gw kecilin lagi), ya Prancis. Tapi kayaknya udah lebih condong ke Amlat. Soal calon pembimbing juga, gw udah mulai dapet bayangan siapa dosen yang enak buat tema gw.
Makanya, gw diharuskan untuk naikkin IP sementara di saat lain ga memperpanjang waktu lulus gw. Doain aja semuanya lancar.

Karier, Pekerjaan
Nah, untuk yang ini mungkin masih agak susah. Persoalan utama terbentur sama jadwal kuliah gw yang padat merayap (berhubungan sama ambisi gw soal kuliah pada poin sebelumnya). Magang pun juga agak susah buat sekarang. Paling nggak, gw gmw cuma nyodorin tangan mulu ke ortu buat minta duit. Seenggaknya, di usia-usia menjelang uzur gw perlu nyari tambahan buat gw sendiri. Baik finansial, maupun pengalaman dan jaringan. Jadi buat gw, magang kecil-kecilan (asal layak) sih ga masalah. Kemaren sempet ditawarin ngajar anak bocah smp. Semua mata pelajaran sih dari PPkn sampe biologi. Pikir punya pikir, akhirnya gw sanggupi. Ternyata gagal, udah ada yang waiting list sebelum gw. Ya, dibilang nyesel juga nggak sih. Selain masalah gaji yang ga terlalu gede, ga terlalu ngaruh juga buat link kok.
Tawaran kedua (ini yang gw sesali), dateng dari alumni Fisip. Doi kerja di Fox Indonesia. Fox Indonesia adalah politic consultant dan surveyor. Masih inget dengan iklan "Hidup adalah Perubahan'' dari Sutrisno Bachir kan? Nah itu salah satu proyek yang dimenangkan melalui tender, oleh Fox di taun lalu. Kebetulan, kali ini Fox dapet proyek ngadain survei jelang pilpres 2009. Gw sendiri ditawarin jadi salah satu surveyor dan interviewer. Range pekerjaan sekitar 3 bulan, dengan gaji...yah, sangat besarlah kalo buat anak kuliahan (bahkan buat fresh graduate S1 pun itu termasuk gaji di atas rata-rata). Yang jadi masalah selama 3 bulan itu, ada kalanya gw harus bolak-balik ke Cirebon. Kalo di akumulasi, masa di Cirebon itu bisa nyampe sebulan. Alumni (yang juga temen gw semasa di kampus itu) ninggalin kartu nama dan ngasih waktu buat mikir. Setelah gw pikir-pikir dengan matang...well, gw ga bisa ambil job itu. Jadwal kuliah rupanya tidak mengizinkan. Sayang emang, bukan soal gaji doang, tapi yang lebih sayang justru link ke Fox itu. Seandainya gw punya track record bagus di sana, ga menutup kemungkinan kalo lulus kuliah, paling ga gw langsung dapet tempat kerja yang (walaupun itungannya per proyek) bergaji gede.
Anyway, untuk sekarang gw lagi disibukkan dengan sebuah proyek. Bikin acara sih, profitable. Kalo lancar dan sesuai rencana, semoga fee yang gw dapet di sini lumayanlah. Untuk ke depannya, selepas acara ini, gw juga menimbang-nimbang untuk bikin proyek lain yang semacem ini. Link udah ada, tinggal masalah ngejalaninnya aja.
Selain itu, ada sedikit harapan buat berkarir di dunia entertainment (yang pasti dengan wajah kaya gini, gw ga mungkin jadi bintang sinetron "Dandy"..hehe). Yah, perjuangan band gw untuk nembus label masih jauh sih. Mengingat usia band yang ga terlalu muda tapi masih belum mateng juga. Tapi, usaha untuk ke arah situ juga masih digiatkan kok. Pokonya kami masih terus berkarya dan mencipta tembang-tembang yang bisa didenger sama masyarakat luas. Semoga deh gw bisa jadi the next Piyu, apa gimana gitu....hehe
Yah, paling ga gw gmw jadi beban ortu mulu lah (walopun sebenernya nyokap ngelarang buat kerja dulu. "Fokus sama kuliah!", pesan beliau).

Percintaan
Hemmmmm....ini juga cukup pelik sih,haha. No comment aja deh. Pokoknya, lagi belum terpikir (note : sampe januari 2009) untuk nyari cewe lainlah. Selanjutnya, gw akan ngeliat segala perkembangan dan kemungkinan yang ada selama waktu berjalan. Jadi, kalo masalah perencanaan sekarang, gw belum bisa bilang. Cuma...tunggu dan liat dulu aja.
Yang jelas, semoga ada yang bisa nemenin dan ngedukung gw di saat masa-masa kuliah yang mengkritis dan semangat penatapan masa depan.
(mungkin sebagai calon ibu dari anak-anak gw! hahaha!)
Wish me luck deh buat ini

Kesehatan
Haha, ada juga ternyata resolusi buat masalah ini. Well mengingat setaun kemaren gw jarang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan olahraga dan kesehatan tubuh..mungkin taun ini porsi untuk itu sedikit gw perbesar. Bukan cuma olahraga yang bersifat main aja, kaya futsal ato basket, tapi juga olahraga secara menyeluruh sih. Untuk itu, mungkin ada jadwal khusus buat lari, skipping, barbel-an, de el el. Hal ini juga gw lakukan untuk memperbaiki badan yang sudah tidak oke di beberapa bagian. Haha, perut yang menebal dan lengan yang menipis..kontras banget.
Untuk hal lain. mungkin masalah rokok. Ini yang pengen gw kurangin juga. Apalagi, selain bikin kurus badan..rokok juga bikin kurus dompet!

Agama dan Religi
Haaa...ini juga salah satu concern gw. Kekurangan terbesar gw dari taun-taun kemaren adalah ibadah!! Masalah solat terutama...
Semoga dengan sedikit labih rajinnya gw ibadah, gw bisa menjadi orang yang lebih bijak, lebih tenang, dan jalan gw akan dilapangkan, Amin!!
Doain aja rajin ibadah ini ga cuma bertahan sebulan-dua bulan doang...hehe

No comments:

Post a Comment