Wednesday, February 4, 2009

Pukul Sana, Pukul Sini

Judul di atas mungkin udah sering didenger sama Chrisjon, petinju legendaris Indonesia. Bisa jadi waktu dia berlatih di sasana, pelatihnya seringkali neriakkin kata ini (sotoy...).
Di hadapan sandsack, Chrisjon berlatih mukulin karung pasir ini sampe mengayun dengan heboh, bahkan bisa jadi sampe sandsack itu luluh lantak. Itu baru sandsack yang dipukul. Itupun dipukulnya 'cuma' sama seorang Chrisjon.

Kebayang ga kalo yang dipukulin itu bapak-bapak berumur? Dan yang mukulin ga cuma satu orang bernama Chrisjon doang, tapi anak muda rame-rame? Mungkin bapak-bapak itu ga sampe bonyok dan bengap, tapi bisa jadi malah langsung meninggal!
Ya, itu yang terjadi hari ini di Sumatera Utara. Ketua DPRD Sumut, Abdul Azis Angkat tewas setelah menerima sekian belas (mungkin sekian puluh, dan mungkin sekian ratus!) bogem mentah massa. Apa pasal? Massa yang berdemo itu menuntut agar Tapanuli dapat berdiri sebagai sebuah propinsi yang otonom. Padahal, prosedur pendirian sebuah propinsi ga semudah itu. Prosedur itu harus ngelibatin 3 pihak, yaitu Depdagri, DPR dan DPD. Nggak segampang itu sebuah daerah bisa dimekarkan. Kalo emang segampang itu, daridulu gw udah minta Kecamatan Bintara, Bekasi Barat (rumah gw) jadi propinsi sendiri!
Lagipula kalo emang prosedurnya segampang itu, Indonesia udah pecah. Separatis dimana-mana...
Tapi massa seolah muak dengan DPRD Sumut yang masih belum menggolkan usulan propinsi Tapanuli itu. Chaos terjadi di ruang sidang paripurna DPRD Sumut. Massa ngejebol masuk, ngancurin kaca, ngebanting kursi, ngelempar tv, mukulin orang! Dan diantara massa yang ngamuk itu, terdapat beberapa orang yang make jaket almamater (entah kampus apa). Apa kaya gini perilaku orang terdidik?
Massa juga maksa Abdus Azis buat nandatanganin surat perjanjian bahwa dia bakal nge-golin proyek itu. Tapi Azis menolak. Massa jadi makin buas! Kelakuannya makin kaya binatang... Azis dipukulin rame-rame. Walaupun Azis langsung diamanin sama polisi, tetep aja sebiji-dua biji bogem colongan masih masuk ke muka Azis. Akhirnya beliau pingsan, karena penyakit jantungnya kumat. Pas mau dibawa ke rumah sakitpun, jalanan masih diblokir massa. Akhirnya Pak Azis meninggal saat di rumah sakit. Mungkin kalo nyampe lebih cepet, nyawanya masih bisa ketolong. Ya, mungkin massa ini penganut paham " Show No Mercy". Mungkin juga semua massa itu kebanyakan nonton film action tolol tentang Pasukan Militer Elit Amerika? Semua musuh dibabat..bener-bener no mercy....
Masalahnya, apa Pak Azis bener-bener dianggap sebagai musuh yang ga patut dikasihani? Apa mereka bener-bener udah segelap mata itu? Apa mereka pikir Pak Azis adalah pria yang begitu jantan dan perkasa dengan otot disana-sini, bisa ngeladenin bogem sebanyak itu? Man, They're pathethic!!
Dan mereka juga ga mikir kalo ngebunuh Pak Azis ga bakal nyelesaiin masalah. Yang ada nambah masalah buat mereka. Ya, mungkin dari massa itu ada yang pelajaran PPKn-nya pas di SMP dapet 100, sehingga dengan membusungkan dada mereka yang kurus, mereka bisa menafsirkan demokrasi dalam konteks mereka sendiri. Mereka menganggap, apa yang mereka lakuin itu bentuk dari demokrasi. Sebuah cara untuk mengintepretasikan keinginan mereka, tanpa dikekang pihak yang represif (dalam pikiran mereka, pihak itu ya pemda dan DPRD). Mereka dengan leluasa bisa ngebanting kursi, mecahin kaca, dan menganggap semua itu legal (dalam konteks demokrasi mereka). Sebagian dari mereka itu akademisi!! Kenapa kelakuannya bisa kaya binatang gitu sih?
Kalo gitu mungkin masalahnya balik lagi ke pemahaman mereka tentang demokrasi dan aplikasinya. Hemmmm, apa dalam buku PPkn, atau entah apa literatur referensi mereka, ada konsep demokrasi asal gaplok? Ada konsep demokrasi anarkis macem itukah? Apa di dalam buku itu demokrasi berarti melegalkan ngeroyok bapak-bapak? Waw, kalo buku itu beneran ada...gw pengen bisa baca buku itu.

Lepas dari track record Pak Azis sendiri (apakah beliau politikus bersih atau kotor) bukan hak mereka untuk asal pukul sana pukul sini. Apa mereka mau, dan kuat, kalo dipukulin puluhan orang kaya gitu? Ga usah puluhan orang deh, dipukulin seorang Chrisjon aja juga mereka pasti ga mau kan?

*Hemmm...mungkin tulisan ini agak dangkal (hehe, itu sih yang gw rasa). Tapi masa bodolah...dari awal gw udah komitmen, apa aja yang gw pengen tulis, ya gw tulis di sini. Jadi suka-ngga sukanya, silahkan Anda pilah sendiri...hehe

No comments:

Post a Comment