Saturday, February 7, 2009

Peoples Are Created Equally. What a Shame if We Stick With Our Racism Behaviour

Di saat gw lagi break dari bikin sebuah laporan yang menjemukan...gw sedikit nostalgia ke masa lalu. Gw inget, gw pernah punya childhood friend gitu. Namanya Alvin. Dia warga keturunan TiongHoa, dan sejak tahun 1998 dia resmi kenal dan jadi temen gw. Saat itu dia baru pindah rumah ke komplek gw. Umur gw dan dia beda setaun, gw lebih tua. Alvin ini punya postur fisik yang mungkin bisa dibilang oleh orang awam sebagai : Koh - Koh. ( baca a la Indonesia : Ngkoh-Ngkoh). Dengan badan yang cukup tambun, mata sipit dan bibir yang senantiasa menyeringai...hehe.
Well, masa kecil gw biasa diisi dengan maen bareng dia. Sejak gw TK pun, gw ga canggung gaul sama warga keturunan. Maklum, gw lahir di tengah orang tua yang beda agama. Nyokap gw dulunya Katolik, sebelum pindah Islam tahun 1994. Dan kalo mau dibilang jujur, darah TiongHa juga ngalir di dalem badan gw. Jadi bokap dari nyokap gw (kakek gw) itu campuran TiongHoa-Jawa. Sedangkan bokapnya kakek gw itu justru orang TiongHoa yang dateng langsung dari Cina!! Waw..what a family tree...
Dari TK sampe SMP pun gw menimba ilmu di sekolah swasta Katolik, kendati agama gw tetep Islam. Nyokap maksa gw sekolah di sana, karena disiplin di sekolah itu tinggi banget. Lagipula juga ternyata sekolah itu lebih toleran dan heterogen dari yang gw kira. Makanya di sana gw biasa bergaul sama anak-anak TiongHoa, Medan, Manado, Maluku (Ambon) , bahkan sempet punya temen anak baru pindahan dari Papua!
Oke, balik ke Alvin. Sampe dimana tadi?
Oh ya...main bareng. Kita dulu lumayan kompak (kompak di sini tuh maksudnya dikejar anjing bareng, digigit anjing juga bareng...kompak selalu deh pokoknya! haha)
Ada satu pengalaman yang gw inget banget. Kejadiannya terjadi pas taun 2000. Waktu itu gw main sepeda sama dia, sampe jauh ke komplek rumah bagian belakang. Entah cape ato gimana, pas lagi ngayuh pedal sambil ketawa...dia jatuh dari sepedanya. 'Pemandangan' itu kebetulan terjadi di depan pemuda-pemuda dari kampung sebelah yang lagi nongkrong-nongkrong di jalanan. Setelah mereka ngeliat si Alvin jatuh, kontan mereka terbahak dengan kerasnya. Ga cuma terbahak, omongan bernada rasis nan kasar juga mereka lontarkan. Gw paling inget pas mereka teriak (maaf) : DASAR CINA GENDUT GOBLOK!!.
Saat itu, gw yang anak kelas 5 SD pun, bisa marah ngedenger itu. Padahal bukan gw juga yang dikatain. Gw cuma bisa mengumpat dalem hati. Maklum, untuk bertindak frontal, gw saat itu ga berani. Orang-orang yang ngetawain Alvin itu kisaran umur belasan sampe 20-an (bandingin dengan umur gw yang baru 11 taun, dan Alvin 10 taun). Merekapun ada banyak, lebih dari 5 orang seinget gw. Ya, gw ga bisa ngapa-ngapain. Gw cuma bisa ngebantu Alvin berdiri dan ngambil sepedanya, sambil ngomong "yaudah Vin, pulang aja yuk. Kaki lo berdarah tuh, diobatin aja dirumah...". Cuma itu yang bisa gw lakuin buat dia.
Kami berdua mengayuh sepeda ke arah rumah, sementara orang-orang itu masih aja ketawa-ketawa di belakang. Gw bener-bener udah panas banget saat itu, tapi ya tetep ga bisa apa-apa. Ga mungkin gw mau ngelawan mereka... Di jalan pulang, gw ngayuh sepeda sambil sesekali merhatiin Alvin (kali aja kakinya yang berdarah itu pincang buat ngayuh sepeda). Pas gw ngeliat dia....terus terang, gw cukup kaget. Alvin yang biasanya selalu cengegesan kalo gw isengin (hehe...sori sob!), mukanya berubah total. Ga pernah gw liat mukanya semarah itu. Ketara banget, semarah apapun gw, dia jauh lebih marah. Sepanjang jalan, kami cuma diem..ga ngomong apa-apa. Gw tau, percuma ngajak ngomong Alvin. Di saat gini, cuma marah doang yang dia rasain. Gw mau sok menghibur juga ga bakal ngaruh... Kejadian hari itu diakhiri dengan pulang ke rumah masing-masing. Tanpa saling pamit, karena dia masih diem dengan ekspresi marah yang luar biasa, dan gwpun ga bisa ngomong apa-apa juga.
Beberapa hari setelah itu, Alvin mohon pamit sama gw karena dia sekeluarga mau pindah rumah ke daerah Kelapa Gading. Bisnis Oom Paul waktu itu sukses (hehe, bahkan gw masih inget nama bokapnya!!). Dia pamit dengan sedih. Karena walaupun cuma tiga taun temenan, dia bilang dia ga bisa gaul sama anak-anak lain. Cuma gw (yang ber-background harus dibiasakan bergaul dengan anak-anak multietnis di SD gw) yang katanya nyambung sama dia. Anak-anak lain rata-rata males main sama dia, cuma karena....rasnya. Setelah dia pindah ke Gading, gw lost contact. Komunikasi terakhir antara gw dan dia terjadi pas taun 2001, pas gw nelepon dia. Lepas 2001, akhirnya gw bener-bener ga tau kabarnya lagi.
Seminggu kemaren, tanpa dinyana si Oom Paul main ke komplek gw. Rupanya dia mau ngecek rumah lamanya yang di komplek gw itu. Kabar-kabarnya, selama ini rumah itu masih hak milik dia, dan sekarang mau dibikin kantor. Gwpun nyamperin si Oom, sedikit berbasa-basi ngingetin dia akan gw (karena ternyata dia lupa sama gw!! Sial....hehe), dan gw nanya kabarnya si Alvin itu. Ternyata Alvin sekarang kuliah di Amerika. Dan pulang ke sini bakal agak lama, karena dia punya tante di sana. Ha, akhirnya gw cuma bisa nitip salam buat si Alvin.

Well, setelah gw mengenang kejadian yang ga ngenakin itu, gw kembali kasihan sama dia. Mungkin ga cuma sama dia, lebih luasnya...kasian sama etnis TiongHoa yang hingga hari ini dan detik ini...masih aja jadi korban rasisme bagi sebagian masyarakat Indonesia. Banyak dari orang pribumi yang cuma basa-basi aja kalo ketemu orang etnis itu. Padahal dibelakangnya, mereka selalu ngomong yang jelek-jelek soal 'orang Cina'. Temen-temen SMA gw pun banyak yang kaya gitu. Biasanya kalo mereka kaya gitu, gw cuma cengar-cengir dikit...asal omongannya masih ga parah. Tapi pernah, emosi gw lepas. Gw sempet ribut sama temen sendiri gara-gara dia ngomong yang keterlaluan soal Orang Cina itu, bahkan sampe kontak fisik. Perlu dicatat, gw marah bukan karena gw ngerasa gw punya seiprit darah Cina. Gw marah karena ga habis pikir...sampe kapan orang-orang mau rasis, mau diskriminatif? Zaman udah berlalu 10 tahun sejak kejadian Alvin itu, tapi perlakuan yang mereka terima ga jauh beda. Walaupun di era Gus Dur mereka mulai mendapat tempat, perlakuan masyarakat biasa masih sama aja. Terus terang, gw kecewa. Orang Cina yang selalu mereka jelek-jelekkin itu WNI juga bung! Dan lebih hebatnya, mereka suku yang ulet dan ga pernah nyerah dalam kerja. Gw tau banget, dan tau sendiri soal itu. Daripada ngomongin orang yang nggak-nggak, liat dulu nilai positifnya orang yang lo omongin itu..
Ironis emang, di saat integrasi Indonesia dalam masa-masa berat, justru kelompok rasis dan diskriminatif makin bikin panas suasana.
Sampe kapan kita mau berlaku kaya gini? Apa sampe orang Cina yang mereka maksud itu berubah jadi item dan matanya membesar? Sampe Orang Cina itu bisa berubah fisik layaknya pribumi?

Sekarang Alvin udah di Amerika. Mungkin itu yang terbaik buat dia. Karena di sana dia ga bakal ketemu sama orang-orang menyedihkan kaya' yang pernah ngatain dia selama hidupnya. Di sana dia bakal lebih tenang. Walaupun isu rasis juga ga lepas di Amerika. Paling nggak skalanya ga segede di sini.
Untuk sekarang gw cuma bisa bilang...
Yah, semoga lo betah di sana kawan! Kalo emang lo mau pindah WN, jangan lupain Indonesia. Inget kebaikannya dan lupain semua tindakan rasis yang pernah lo terima di sini..
Dan jangan pernah lupa prinsip bahwa semua manusia itu punya hak yang sama saat lahir. Punya kesetaraan satu sama lain. Jadi jangan berhenti berjuang!
See Ya' Buddy!!

No comments:

Post a Comment