Tuesday, February 3, 2009

Bayar 500 Juta, Kembali Sekian Milyar.... ( Warning : Radical Content! )

*Sebelum baca ini, mungkin perlu gw warning dulu. Makin ke bawah, isinya mungkin agak berapi-api (hehe). Gw sengaja nulis dalam keadaan emosional gitu, karena gw ga pengen nyembunyiin apa yang gw rasain..bagaimana keluhan dan keputusasaan gw. Mungkin kalo post ini gw tulis zaman Orba...gw udah ilang diculik, mungkin juga di-dor di tempat. Oleh karena itu, memanfaatkan situasi negara kita yang udah Demokratis (ga ada lagi bredel-bredelan, ga ada culik-culikan, ga ada yang namanya Petrus) gwpun menyempatkan diri buat nuangin pemikiran gw...yang mungkin menggunakan bahasa yang radikal untuk sebagian orang.

Bagi Caleg dengan nomor urut gede (beken dengan frase : nomer urut sepatu). Ga perlu putus asa, dan takut ga bisa masuk lembaga legislatif. Apa pasal?
Mahkamah Konstitusi menetapkan aturan baru dalam Pemilihan Caleg 2009. Nomor urut Caleg dari masing-masing partai yang sedianya digunakan untuk distribusi suara yang masuk ke nomor paling dahulu..telah dihapuskan.
Artinya, caleg dengan nomor urut awal tidak lagi menyandang privilege untuk dapet prioritas pertama. Sekilas emang bagus. Artinya semua caleg punya kesempatan yang sama untuk bisa duduk di kursi legislatif.
Tapi apa iya sebagus itu?
Oke, coba kita analisa dengan cara gw (yang ga setuju juga boleh kok...)
Keberatan gw yang pertama....Caleg udah nggak lagi berorientasi pada kepentingan partai. Kalau pada pemilu 2004 dan pemilihan caleg pra 2008 kemaren semua caleg mati-matian promosiin partainya (karena apabila partai itu dapet suara, maka suaranya akan dikasih ke caleg no. urut 1, 2, dst), maka pada pemilu kali ini caleg heboh sendiri dengan promosiin dirinya sendiri. Dulu, antar caleg dalam satu partai saling ngebantu biar partainya dapet suara, yang juntrungannya suara itu di distribusiin buat masing-masing caleg sesuai nomor urut. Kalo sekarang? Dalam satu partai, masing-maing caleg saling saingan dan saling sikut buat ngedongkrak popularitas. Trus kalo gitu, bukannya jadi perjuangan kepentingan masing-masing?
Lantas apa gunanya mereka punya partai, kalo dalam posisi kaya gitu?
Apa cuma sebatas persyaratan (punya partai) yang harus dipenuhi supaya bisa maju jadi caleg?
Apa pula ideologi partai yang mereka perjuangkan di pemilihan kaya gitu? NIHIL!! Semua sibuk dengan urusan dan kepentingan masing-masing...

Apa keberatan gw yang kedua? Masih berhubungan dengan nomor satu, masing-masing caleg berlomba-lomba buat promosiin diri. Trus kalo gitu, apa media promosinya? Banyak, mulai dari pasang iklan sampe bagi-bagi sembako (untung belum ada yang berani bagi-bagi mobil...). Disinilah keberatan utama gw. Setelah gw baca dari beberapa sumber...rata-rata pengeluaran caleg yang 'mampu' mengeluarkan dana buat promosi, harus merogoh kocek ga kurang dari 500 juta! Bahkan menurut desas-desus, udah ada yang mencapai angka 9 digit. Gw muak dengernya...
Ambisi-ambisi sampah yang ga ada juntrungannya. Apa mereka mau bikin negara ini makin melarat? Terus gimana nasibnya caleg yang ga terlalu berduit, tapi sebenernya punya dedikasi lebih dan kepentingan mereka jauh lebih sederhana. Yaitu ngebangun Indonesia dengan jiwa nasionalis setinggi-tingginya...
Coba pikir dengan logika dan akal sehat, apa sih tujuannya mereka sengoyo itu sampe harus ngeluarin duit ratusan juta sampe angka milyar? Oke, mereka boleh bercuap-cuap dengan mulut manis mereka bahwa ...."saya sangat ingin menyalurkan aspirasi masyarakat yang masih banyak berada di bawah. Oleh karena itu, saya rela keluar biaya berapa aja, asal saya bisa menyuarakan suara-suara orang kecil ke dewan...". Dan alesan-alesan omong kosong lainnya. Emangnya ada orang yang rela ngeluarin duit sampe milyar cuma gara-gara idealisme semata (dan notabene, idealisme mereka itu ga bakal dianggep juga) ?? Ada, kalo orang itu kaya raya-nya udah kebangetan. Orang idealis Indonesia mana sih yang makmur banget dan bisa ngeluarin duit segitu cuma buat kampanye, yang bahkan belum tentu ngejamin bakal kepilih??
Terus, andaikan sang juragan uang ini udah kepilih masuk lembaga legislatif..apa yang bakal dia lakukan? Ingat lho, uang kampanye mereka bukan uang partai, tapi uang pribadi. Ya pastilah...balik modal dulu nomor satu. Urusan aspirasi dan tetek bengek 'perjuangan' itu nomor sekianlah. Itu yang bikin wacana korupsi merebak lagi di lembaga legislatif, terutama lembaga daerah. Gw juga pernah baca, di sebuah lembaga legislatif (sumber bacaan dan tingkat lembaga itu gw lupa), ada seorang anggota dewan yang punya julukan "Pak Aya". Pak Aya ini orang Sunda, dan sering nanya sama temen-temennya, kalo-kalo ada proyek basah. Nanyanyapun simpel..cuma bilang "Aya?" (Ada?). dan temen-temennya pun ngeh kalo yang dimaksud itu adalah uang pelicin, sogokan, tilepan, mungkin juga uang hasil ngepet...gw ga peduli. Jadi saking tersohornya dan seringnya 'Bapak Anggota Dewan Kita Yang Tercinta' ini nanyain uang haram itu, makany dia dipanggil Pak Aya.
Pikiran kaya gitu yang ngerasuk ke caleg-caleg serakah yang rela ngerogoh kocek dalam-dalam. Gw ngomong soal : "fokus pertama adalah balik modal" itu ga cuma asal ngomong lho. Pendapat ini juga kerapkali terucap dari ga cuma satu - dua nama pengamat politik tersohor.
Caleg-caleg itu ga masalah ngeluarin duit sampe 9 digit segala. Mereka bisa dapet beberapa lipat lebih banyak di dalam 'zona basah' itu. Ga salah kalo gw bilang..dengan modal 500 jeti 'aja', mereka bisa 'dagang' di lembaga biar dapet hasil sekian M.
Wow...menggiurkan!! Ya, menggiurkan kalo lo orang-orang tamak yang udah ga peduli lagi sama negara ini. Menggiurkan kalo lo ngerasa bahwa semua rakyat Indonesia udah berada dalam taraf kehidupan yang layak. Menggiurkan kalo lo ga pernah naik kereta ekonomi dalam kota dan ngeliat orang dengan satu kaki full borok yang infeksi dan bau anyir, merangkak minta-minta uang buat makan. Menggiurkan, kalo lo nggak tau atau tuli sama sekali terhadap perjuangan dan harapan founding fathers kita. Menggiurkan, kalo lo masih bisa nutup mata betapa secara umum negara kita udah digerogotin maling-maling ber-jas itu. Menggiurkan kalo lo masih punya mental sebusuk dan sebejat itu!
Kalo lo emang orang kaya gitu, mendingan lo ga kenal sama gw. Gw lebih suka ribut sama lo, walopun gw harus kalah dan mungkin pulang tinggal nama. Gw ga bisa mentolerir segala kebusukan yang kaya gitu. Mungkin emang terlalu idealis, apalagi ngeliat posisi gw di negara kaya gini. Tapi kalo negara ini kehilangan orang idealis, Indonesia udah tamat riwayatnya sejak beberapa jam pengumuman proklamasi.
Karena itu, gw minta buat lo semua sadar. Apa yang udah dilakukan sama sebagian 'Anggota Dewan yang Terhormat' itu sama negara kita? Sebagian lho, gw ga bilang semua...karena gw percaya masih ada orang baik yang mati-matian berjuang di sana.
Bahkan orang yang punya karakter kuat kaya Sophan Sophiaan harus keluar dari DPR gara-gara ga kuat berada di lingkungan serba busuk dan penuh borok itu.
Sampai kapan image lembaga legislatif kita harus terus sekotor itu? Sampai kapan untuk bisa masuk sana kita harus 'nyetor' ratusan juta, dan kemudian kita nyari balik modal? Sampai kapan masyarakat anti korupsi harus tetap apatis sama lembaga legislatif? Sampe kapan mereka bisa terus nanya "Aya?" sambil nyodorin tangan pertanda minta jatah?

JUST WAKE UP, AND FIGHT THESE RATS!!!

No comments:

Post a Comment