Saturday, July 25, 2009

Ganti Template Blog Berujung Penyesalan

Eyaaaaahhhhhhh!! (dengan nada Tukul)

Gw telah membuat satu kesalahan besar dengan blog gw..
Niat hati gw mau ganti template..Sepet gw liat layout gw yang gitu-gitu mulu. Dengan perasaan senang, gw coba googling untuk nyari template yang paling asoy untuk blog ini.

Dan dengan enteng gw nunjuk-nunjuk aja. "Wow, ini keren" , "Ah....tapi bagusan ini!", "Ini juga oke!".
Alhasil butuh setengah jam bagi gw untuk menentukan template yang kiranya paling oke. Saking lelahnya dengan proses keputusan yang gw ambil (bahasa politiknya : decision making), gw jadi agak buru-buru pengen ngeliat template yang segera gw aplikasikan itu. Tanpa kesabaran, gw langsung meng-copy kode HTML yang disediakan oleh ltemplate itu, ke dalam menu edit gw.

Daaaaan...dengan bodohnya, gw lupa untuk nge-backup data HTML layout gw yang sebelumnya. Yang artinya.....dengan template baru itu, sidebar gw yang berisi chatbox, link ke blog lain, de-el-el...tidak kompatibel dan terhapus!!!!! DAMN!!!!

Dan dengan muaknya gw nyalahin template gw yang baru itu (padahal sebenernya gwnya yang bego, bukan template-nya yang ngaco). Frustasi dan merasa dendam, gwpun akhirnya balik ke template yang udah disedian sama Blogspot. Kembali basi sih...tapi gimana dong? Gw udah terlanjur ilfil buat ganti template yang lain lagi..
Untung beberapa dari sidebar gw bisa diselamatkan, setelah gw ngelacak lnik aplikasi yang udah gw pasang dan gw copy lagi kode HTML-nya. Namun sayang, aplikasi link ke blog-blog lainnya itu ga ketemu. Jadi ya...gw harus nyari lagi satu-satu dan masukkin lagi. Jadi...mohon maaf bagi teman-teman yang tidak lagi menemukan link blog anda di blog gw. Dalam progress untuk melakukan re-link. Harap maklum dengan ketololan saya.

Pesan moral dari cerita ini :
Don't try this at home. Pastikan sudah mem-backup kode HTML anda sebelum mengganti template baru!

No comments:

Post a Comment