Monday, March 2, 2009

Ampun Pak, Jangan Tilang Saya!!


Foto orang berbaju putih itu bukan gw kok ( apalagi yang berbaju coklat dan pake topi! haha). Itu gambar cuma asal comot pas googling aja kok. Tapi (terutama yang tinggal di jakarta) pasti pernah liat pemandangan kaya gini kan di jalanan? Atau justru pernah sekali berada di posisi 'tokoh berbaju putih' itu? Atau malah justru sering??
Jangan heran, kini banyak pengguna jalan raya yang ga patuh terhadap lalu lintas sehingga harus mengalami nasib kaya gitu. Atau, seringkali juga banyak kasus polantas-polantas yang iseng nyetop pengguna jalan untuk sebuah alasan yang ga penting. Misalnya...

Pak Pol : Mas, berhenti!
Pengguna Motor : (mengerem motornya). Ada apa pak?
Pak Pol : Sekaran ada razia mas, bisa liat kelengkapan surat-suratnya?
Pengguna Motor : (ngasih liat SIM dan STNK sambil terheran-heran, karena dalam 'razia' itu cuma dia yang distop). Iya, silakan pak...
Pak Pol : (memeriksa surat-surat, dan kelengkapan motor itu tetapi ga menemukan kejanggalan). Hemmmm..suratnya lengkap ya...
(berpikir lagi, melihat ke bawah dan kemudian menghardik) Nah!! Pentil bannya mana mas??
Pengguna Motor : ???

....

Selanjutnya, bisa ditebak kan apa yang bakal terjadi? Ya, si pengguna motor itu pasti akan ngeluarin argumentasi, sembari memohon-mohon biar ga kena tilang. Sementara si Pak Pol berlagak sok cool, dan menggertak seraya mengeluarkan surat tilang. Dan akhirnya berujung kepada.......penyerahan 'upeti' dari pengguna motor ke Pak Pol, biar doi ga kena tilang.

Cerita di atas adalah kisah nyata yang diceritain sama temen gw sekitar setahun yang lalu. Dasar sial emang temen gw, kena stop sama polisi iseng. Mungkin polisi itu butuh makan siang, ato justru belom beli rokok setelah makan siang? Mungkin juga dia lagi nabung biar bisa beliin buku sekolah buat anaknya.. (tragis sih emang, tapi tetep aja caranya ngeselin)
Well, apapun motifnya, yang jelas kejadian kaya gini ga cuma terjadi sekali dua kali di jakarta.
Gwpun ga bisa menampik kalo gw sendiri pernah ditodong sama Pak Pol gara-gara urusan lalu lintas. Setelah gw kalkulasi, kalo ga salah sekitar tiga kali gw harus merelakan duit gw berpindah tuan (dan harus diakui, yang paling naas saat gw harus kehilangan duit bergambar W.R Supratman, cuma dalam sekali tilang..sial).
Terus kalo udah gini apa akibatnya? Image Pak Pol di mata pengguna jalan udah pasti ga baik. Bahkan bisa jadi ada kecenderungan untuk ngeliat bahwa semua Pak Pol kelakuannya kaya gitu. Kalo di film-film Hollywood itu polisi terkenal dengan model gendut, doyan ngemil donat, dan lain-lain..kalo di sini, polisi terkenal dengan gendut (hehe...sama aja), doyan nilang orang, dan terutama...doyan makan donat!! (hehe, tetep...). Bahkan Pak Pol itu cenderung ga disegani, melainkan ditakuti (takut kalo kena tilang).
Alkisah, gw juga punya temen yang udah mencap semua polisi berkelakuan kaya gitu. Ada cerita yang juga cukup lucu tentang itu. Kadang gw sendiri masih suka nginget cerita itu, sambil nyengir-nyengir, cengengesan, bahkan terpingkal-pingkal sambil mukulin lantai (lebay.....). Ini ceritanya :

Suatu hari yang cerah...temen gw naik motor di semanggi, dan salah ngambil jalan. Doi ngambil ke arah Sudirman, tapi lewat jalur flyover yang notabene jalur cuma buat mobil. Di pojokkan jalan, Pak Pol ngeliat itu dan dengan secepat kilat menghadang temen gw.
Dasarnya temen gw ini suka sok asik gitu, jadinya sering bikin orang lain sebel juga. Oke, lanjut ceritanya....

Pak Pol : (dengan lantang) Mas, mau kemana??!!
Temen gw : (dengan sok asik) Wah, kaget saya pak! Hehe... Mau ke sudirman pak
Pak Pol : Wah, situ salah ngambil jalan.. Bisa liat STNK-nya mas?
Temen gw : (masih dengan nada sok asik, dan nunjukkin STNK-nya) STNK?? Oh, pastinya ada dong pak
Pak Pol : (mulai keki dan jengkel). Iya iya. SIM kamu mana? Ada??
Temen gw : (lagi-lagi masih menyahut dengan nada sok asik) SIM pak?? Wah, tenang pak.. Ada kok pak...SIM ya? SIM....

Temen gw memilah-milah isi dompetnya sambil sial-siul belagak ga dosa, sementara disampingnya Pak Pol berdiri dengan gusar dan muka asem. Ga lama kemudian...

Temen gw : SIM ya? Nah ini dia pak! SIMSALABIM!! (sembari menarik keluar sehelai duit 20 ribu!!)

GLEPOKKKKKKKKK, kepalan tangan Pak Pol langsung menyambangi kepala temen gw..

Gw : (membatin) Asiiiik, saya boleh ikutan mocel ga pak? Saya juga keki berat lho sama dia
......

Sebuah tindakan tolol udah dilakuin temen gw. Dia dengan entengnya matokin bahwa polisi apapun, bisa dihargai duit dengan nominal segitu di kala lagi nilang. Emang salah juga, tapi sayangnya image itu udah terlanjur melekat di kebanyakan pengguna jalan. Ga pake munafik, gw juga gitu kok...haha. Untung aja gw ga sebego temen gw, yang dengan tanpa dosanya langsung aja ngeluarin duit. Kasian emang kalo ternyata masih banyak polisi baik yang ga kaya gitu. Tapi mau gimana lagi?? Toh juga gw pernah denger kisah yang juga ga ngenakkin soal reputasi korps baju coklat ini. Temen gw yang di Akpol ada yang suka dipalak sama senior-seniornya. Seniornya ga minta uang palak dari duit pribadi temen gw, tapi yang ada tuh temen gw disuruh dapet duit dari hasil tilang. Untuk kesalahan apapun!!
Whew, ga heran kan kalo image kaya gitu yang akhirnya merebak di tengah-tengah masyarakat?

No comments:

Post a Comment