Wednesday, March 4, 2009

Newcomer Band : Vierra!


Alkisah, hiduplah seorang pemuda sipit dan pendek bernama Rediansyah Satrianda Widjanarko. Doi kerapkali dipanggil Trian, Baim, dan (maaf, no rasis) Cina di kampus gw. Gw sendiri manggilnya Baim (soalnya mirip-mirip dikiiiiiiiiit banget sama Baim Wong ). Orang ini rese', ngelawak mulu, ngomong suka ga diayak, tapi teman yang cukup baik. Kalo penasaran sama wujud makhluk ini, pelototin aja foto orang paling kiri yang menggigit sesuatu berwarna biru-biru itu (entah benda apa itu? Mungkin dia mau niru foto gigit bunga gaya-gaya Jerry Yan gitu? Hemmmmm...mungkin. Kalo iya, komen gw cuma satu : Sooooo GAY!! hahaha)

Si Baim ini adalah teman sejurusan dan seangkatan di Politik 2006. Pertama kenal, dia ngaku-ngaku sebagai drummer. Melihat gw yang ragu-ragu untuk percaya (haha, piss coy!!), doi menawarkan untuk nge-jam di studio pribadi di rumahnya. Gw ga bisa ikut acara jam itu. Tapi dari pengakuan temen gw yang ikut, ini anak katanya emang jago. Wah kayanya seru... Merasa penasaran, ga lama gw menyempatkan diri untuk bertandang ke studionya. Maen bertiga, yaitu gw megang gitar (cuman megang aja, ga maen...hehe), dia, dan satu bassist, yaitu temen gw yang bernama Mesum ( Ya!! Nama 'Mesum' adalah nama yang tidak lazim. Kebayang dong kaya apa orangnya?? hehe). Dan ternyata benar, orang ini jago!! Tipe-tipe drummer berskill dan teknik tinggi. Ga lupa punya power dan tempo yang terjaga. Bukan drummer yang maen power tapi asal gedebauk gedebuk dengan beat ga enak. Pokoknya, kalo ada opsi bikin band...jangan pake ragu deh kalo ngajak ini bocah! hehe (tuh udah gw puji-puji kan lo im...seneng?? seneng?? haha)

Tapi cukup disayangkan, doi ini cukup sibuk dengan beberapa band yang sudah digelutinya (gelut=binatang laut yang bisa dimakan. *Itu Belut kaleeee! Hahaha, jayus abis ). Sejauh yang dulu gw tau, dia paling concern sama bandnya yang digawangi bersama Kevin Aprilio (anaknya Addie Ms. dan Memes). Dan betul saja, band ini akhirnya digarap dengan serius dan akhirnya udah rilis album awal maret kemaren. Band ini bernama Vierra, dan dinaungi di bawah label Musica Records ( itu tuh, yang lambangnya campuran Monas sama Eiffel...hehe). Single pertama mereka berjudul 'Dengarkan Curhatku'.
Memang judul single yang mungkin juga ga lazim, tapi gw meyakini itu merupakan kebijakan Musica. Ya, cari judul lagu yang menjual dan bisa diterima semua kalangan!!

Belakangan si Baim ini menghubungi gw, dan meminta gw untuk beli album itu (maksa luh im!). Haha, dasarnya gw pandai berhitung (atau pelit??), gw ga mau langsung begitu aja beli album tanpa tau sample lagunya. Iseng - iseng gw dengerin radio, dan nyari-nyari di temen...ternyata ada! Haha....
Akhirnya gw udah denger lagu Dengarkan Curhatku itu. Komentar gw soal band ini?
Lagu yang bagus dan tidak mendayu-dayu. Aransemenpun rapi dan simple, terutama dengan permainan piano yang bagus dan menambah khasanah (halah khasanah!!) serta memperkaya musiknya. Vokalnyapun juga bagus dan cukup empuk. Tapiiiiiiiiiiiii, ada satu hal yang agak-agak mengganjal gw. Entah kenapa, lagu ini SANGAT mengingatkan gw akan lagu berjudul Rooftops dari The Lost Prophets! Terutama bagian reff-nya yang sangat mengingatkan gw itu....
Gw ga mau bilang lagu ini ngejiplak juga sih, karena batas-batas jiplak lagu itu bias. Beberapa orang dan industri rekaman bilang kalo lago yang plagiat itu batasnya terdiri dari 8 bar yang sama. Toh lagu 'Dengarkan Curhatku' ini setelah gw perhatiin cuma ada sekitar 4 bar yang mirip sama Rooftops itu. Dan seenggaknya, lagu ini merupakan lagu yang lebih ceria dari Rooftops itu.
Dan lagi-lagi seenggaknya, gw seneng band ini nggak bertipe-tipe "yang sedang laris di pasaran". Dan gw juga sangat berharap dengan band ini, semoga lagu-lagu di luar Dengarkan Curhatku juga bisa lebih bagus (karena si Baim sendiri bilang : "Ah, menurut gw lagu Dengarkan Curhatku bukan lagu yang paling bagus kok! Ada lagu lain di track sekian yang lebih bagus!) ==> Hmmmmm, strategi promosinya Baim??
Apapun itu, yang jelas gw cukup tertarik ngikutin sepak terjang band ini. Terutama dengan nasib temen gw si Baim yang sampe harus ngerelain kuliahnya dua semester untuk recording, shooting video klip, dan lain-lain.
Masalah beli nggak beli albumnya? Hehe, (kayaknya) bakal beli sih.... Asal syaratnya satu : Gw minta traktiran dari si Baim!!

*nb : bagi yang penasaran dengan lagunya...maaf saja, gw ga akan share lagunya. Gimanapun ini band temen gw coy!! Hahaha. Gw merasa beban moral aja (cieeeeehhh, bisa ngomong gitu gw??!! hehe) kalo ngebajak dan menyebarluaskan lagu temen sendiri. jadi, silakan usaha sendiri dan kalo bisa beli albumnya. (Tuh, udah gw promosiin lagi Im!! Mana traktiran buat gw?? ).
Pokoknya, selamat berjuang deh buat Vierra!

No comments:

Post a Comment