Tuesday, March 3, 2009

Semua Serba Deadline

Pagi ini diawali dengan bangun dan dikejar-kejar sms dan misscall dari junior gw. Isi smsnya itu macem : "Kak, udah saya kirim. Saya ngeblank nih. Tolong tambahin 1-2 paragraf buat kesimpulan" , "Kak, udah saya kirim lagi yang paling baru...tolong diliat", dan "Kak, gimana? Udah diliat belom??". Sms-sms itu disertai dengan sejumlah misscall juga dari oknum yang sama. Buseeeeet, pagi-pagi udah harus mikirin begituan...
Yup, hari itu adalah deadline ngumpulin makalah kelompok gw untuk mata kuliah Perbandingan Politik. Mata kuliah yang berat, dengan dosen yang berat pula (berat untuk dosen ini berlaku untuk badan dan otaknya, hehe). Oke, dengan klemar-klemer gw langsung ngecek email gw. Sungguh pagi yang ga enak, kalo bangun-bangun udah langsung baca makalah seberat itu sambil terkantuk-kantuk (mengingat biasanya pagi gw dimulai dengan secangkir kopi dan bacaan lain yang lebih menarik). Selesai baca, gw kirim komen ke junior gw itu dan berniat untuk sarapan. Ehhh, baru mau sarapan...hp gw udah bergetar-getar lagi. Sms, yang lagi-lagi, perihal tugas itu. Kali ini isinya "Wah Kak, saya juga bingung nih.. Apa poin itu ga usah dimasukkin aja? Nanti langsung di-handle pas presentasi aja Kak...". Yah, terserah situ ajalah. Kepala gw masih mumet setelah bikin tugas ini sejak berhari-hari yang lalu. Jadi apapun yang terjadi dengan makalah itu....gw cukup puas lah (pasrah, hehe). Setelah itu, langsunglah gw sms balik junior gw itu untuk mengiyakan dan jangan lupa kirim ke email dosen yang bersangkutan.

Baru aja nyeduh kopi instan (akhirnya...itupun belum gw seruput), kali ini hp gw kembali lagi memulai getaran erotisnya (Haha, lebay). Gw ditelepon, dan gw liat caller nya. Guess who? Di layar hp gw muncul nama "Mas Jemi". Ya, beliau adalah dosen gw untuk tugas makalah yang akan gw kumpulin dan presentasiin hari ini!! Gw ngebatin "Ada apaan nih?? Tumben-tumbenan doi yang nelepon gw? Biasanya gw yang butuh dan nelepon doi....". Gw angkatlah telepon itu. Terjadi perbincangan kecil :

Mas Jemi : Ndra, kelompok lo bikin makalah ga sih?
Gw : Errrrr.....bikin mas. Kenapa emang?
Mas Jemi : Kok belum ada di email gw?
Gw : Ehm, baru dikirim barusan mas (dengan suara lempeng dan nada polos, berusaha terdengar tanpa dosa)
Mas Jemi : Oh yaudah kalo gitu. Sampe ketemu
Gw : Sampe ketemu mas... I love you, mmmuuuuach

(haha,percakapan baris terakhir adalah fiktif!! Mohon jangan dianggap serius, terima kasih)

Wuaduhhh...emang sih cuma percakapan kecil. Tapi setidaknya gw tau kalo doi-pun udah menunggu-nunggu makalah kelompok gw yang baru selesai beberapa jam sebelum presentasi. Whew, entah kenapa kok langsung timbul feeling ga enak ya??
Oke, setelah itu berangkatlah gw menuju kampus. Harap diingat bahwa di siang yang panas terik itu, gw terpaksa harus berangkat dengan menggunakan batik. Hufffff, tuntutan presentasi... Lebay? Emang sih, tapi gw lagi males aja pake kemeja yang notabene berlengan panjang dan justru bakalan lebih panas lagi.

Sampai kampus, jam yang 'ditunggu' itupun dimulai. Penghakiman berlangsung selama sekitar satu jam. Dan apa respon dari Mas Jemi itu? Haha...kelompok gw dibantai. Habis sudah kena kritik ganasnya. Kritiknya terutama : ga relevan, tidak menjawab semua pertanyaan dengan baik, dll.
Bah, emang bener sih. Toh juga kelompok gw secara de facto ga pernah ngumpul semua untuk ngebahas makalah itu. Jadi kalo emang dibilang makalah gw itu agak ga nyambung, mungkin emang itulah yang terjadi. Tapi bukan itu yang pokok pikiran gw saat itu. Kok bisa ya, ada bagian-bagian yang gw skip dari bahan bacaan buat makalah? Dan..kok bisa ya pikiran gw ga nyampe ke kesimpulan itu?
Weh, gw ngerasa bingung sama apa yang udah gw dapet selama 3 taun kuliah ini. Pikiran gw kok masih secetek itu ya, ga bisa ngikutin pola pikir dosen dan penulis-penulis tersohor itu?
Haha, bener ternyata feeling gw tadi pagi. Soal dibantai sih ga masalah, toh bukan cuma sekali gw dibantai. Maklum, dosen gw kritis-kritis coy! Hehe... Yang jadi masalah utama sih cuma pikiran yang tadi itu. Gw udah kuliah 3 taun, bikin makalah ini seminggu, tapi kenapa hasilnya bisa seburuk ini ya???? Masih ga abis pikir...
Selesai kelas itu, gw inget besok ada deadline tugas lagi. Dan bahkan gw belum ngambil bahan foto kopiannya!! Dengan berjalan lenggang kangkung, gw ngebatin : "Aah, mata kuliahnya nyantai kok. Palingan tugasnya ga banyak"
Dan pikiran supertoy (super sotoy) itu salah besar!! Bayangin kalo lo cuma punya waktu kurang dari sehari untuk baca bahan setebal 40 halaman (dalam bahasa inggris yang super njelimet), dan harus bikin review 4 halaman (spasinya single, bukan satu setengah!). Waw, itu sama aja kalo bikin makalah kecil yang berkisar 8 halaman dengan spasi satu setengah dalam setengah hari! Whew, dan gw baru bisa nyampe rumah sekitar jam 7-an. Hitung punya hitung, waktu gw amat sangat mepet untuk bisa bikin review itu. Mau tau fakta yang lebih menyenangkan?
Di saat gw sama sekali belum baca bahan itu, gw ketiduran!! Dan baru bangunpun jam 11 malem, itu akhirnya waktu gw kesunat lagi...dan gw cuma punya waktu kurang dari 7 jam untuk baca semua dan bikin reviewnya, Dan kalo udah gitu..kok ya gw masih sempet ya main-main gini? Buka Blog lah, Buka FB lah....hahahahahahahaha!! Kuliah emang gila, tugas juga gila, lama-lama gw ikutan gila!!!

Udah ah, baca bahan dulu aja kali yeee. Ntar kalo udah ga ribet-ribet lagi, baru gw nyantei-nyantei lagi (pertanyaannya : akankah gw bisa nyantei lagi?). Hehe
Doakan saja....

No comments:

Post a Comment