Friday, March 13, 2009

Anak Katro Belajar Menggambar

Gw suka untuk mengagumi seni rupa. Utamanya untuk desain-desain dari DeviantArt, dll. Tapi sayang, gw agak terlambat untuk mulai belajar bikin desain sendiri (kalo kata Aristoteles : LEBIH BAIK TERLAMBAT DARIPADA TIDAK SAMASEKALI!!) ===> Sejak kapan Aristoteles pernah ngomong kaya gini?? Haha, maklum...kuliah gw lagi banyak-banyaknya dipenuhi filosofi-filosofi kaya gitu...
Software yang gw pilih pertamakali adalah CorelDraw X3. Entah kenapa, dulu gw ga mulai dari Adobe Illustrator yang notabene lebih banyak dipake orang. Maklum jack, waktu itu gw masih awam banget. Jadinya asal milih aja mau start dari software yang mana...hehe.

Secara teknis, gw mulai giat mengcorel sejak 2007. Kalo ga salah sekitar bulan Juni.
Design pertama yang gw bikin, aseli nyontek dari buku panduan Corel (gw lupa judulnya apa, yang jelas itu buku panduan tentang corel X3 aja...). Haha, desain itu berupa pistol (entah jenis apa..). Walaupun di buku itu udah ditunjukkin tutorial step by step, ternyata butuh hampir tiga jam bagi gw untuk ngerampungin semuanya, sampe ke detil-detilnya! Whew... Entah gwnya amatiran, lemot, atau emang ribet banget. Itupun masih ga rapi di sana-sini, dan ga keliatan kaya aseli. Desain yang gw bikin waktu itu kaya begini :



Walaupun desain itu gw bikin dengan penuh peluh dan mati-matian (disertai dengan caci maki frustasi tentunya), ternyata hasilnya terhadap progress gw luar biasa. Di buku itu gw belajar semua kombinasi dasar dari CorelDraw secara keseluruhan, mulai dari shaping sampe ke finishing touch macem ngasih bayangan dan bikin detil kaya mur-mur kecil gitu. Dengan kata lain, ga rugilah gw mengikuti tutorial itu. Dan sekali lagi sayang seribu sayang...gw sangat amat lupa dengan judul buku itu, beserta penerbitnya. Yang jelas gw dulu minjem buku itu sama temen gw si ica (ga modal emang...).

Setelah desain yang pertama itu, gw sempet giat di awal buat belajar. Tapi namanya juga manusia biasa, semangat tinggi di awal belajar lama-kelamaan luntur dengan sendirinya.
Beberapa bulan menganggur, ternyata muncul lagi kebutuhan yang tinggi terhadap penggunaan coreldraw. Ya, saat itu gw baru bergabung dengan Departemen Olahraga ( Depor ) BEM FISIP UI periode 2007-2008. Departemen membutuhkan logo untuk dijadikan lambang pada surat resmi dan proposal-proposal acara yang dibuat di bawah departemen gw itu. Dari 13 orang anggota, hanya satu orang senior gw yang fasih make corel (Dika Adm '04, sekarang udah lulus). Diapun juga termasuk manusia yang direcoki dengan berbagai macam kesibukan..mulai dari kegiatan di BEM sampe jadi model (emang ganteng sih orangnya...hwehehehe). Alhasil, gw harus banyak latian lagi untuk bisa turun tangan bantuin bikin logo tersebut. Dan...pararampam (ceritanya ada background musiknya)!! Desain itu akhirnya jadi (setelah beberapa kali diedit juga sama Dika, dan masukkan dari anggota lainnya). Akhirnya, dengan bangga Depor BEM FISIP punya sebuah logo yang dibanggakan...haha (norak).


Kelar dengan logo Depor...kerjaan gw ga berakhir di situ aja. Masih ada Olimpiade FISIP 2007 yang harus gw tangani. Demi membuat proposal yang unik dan murah, inovasi mutlak dilakukan. Melihat referensi dari beberapa proposal temen-temen lain, gw berencana untuk ngebuat sebuah proposal yang tidak biasa. Yaitu proposal dengan sistem lipat layaknya brosur, sehingga yang terlihat dari depan hanya berupa kertas persegiempat. Awalnya gw bingung, gimana untuk nyusun proposal ini sehingga bentuknya jadi relevan. Setelah konsultasi dengan teman gw dari percetakan daerah Senen, ilham menghampiri. Masalahnya tinggal satu....desain. Kalo mau murah ya wajib desain sendiri. Whew, dan kebetulan panitia pas itu, gw instruksikan hukum al-wajibun buat ngirit. Dan alhasil, desainpun harus dibikin sendiri. Dengan sok mengkonsep proposal unik dan desain baru, gw mulai nyoba bikin. Hasilnya...terlihat dipenuhi warna-warni dan kesan sedikit murahan!! Hahaha.... Tapi berhubung waktu mulai mepet sedangkan proposal belum jadi, apa boleh buat. Satu-satunya desain yang udah ada harus dicetak sesegera mungkin. Berikut lampiran desain yang agak-agak norak bin ga karuan itu

*Post bersambung. Penulis tiba-tiba laper, makan kalap, dan ngantuk!! Hahahahahaha
(besok gw lanjut...toh blog ini jarang yang baca juga, hehe) ==> ratapan anak kasian, hufffff

2 comments:

  1. tjiee,,, yg penting semangat nya dong Dan!! Ahhiy!

    ReplyDelete
  2. Ahahay...susah nian Vin kalo serba sendiri gini. Emang arus banyak referensi nih. Gw butuh referensi yang 'for dummies' nih!! hehe.
    Karena selama ini gw otodidak sotoy, jadinya kadang suka ribet ndiri...hehe.
    Btw, punya lo keren-keren banget deh!

    ReplyDelete