Tuesday, March 10, 2009

Way to be Perfect

Dari kecil, gw selalu dikenalin dengan sebuah konsep yang namanya jadi orang yang sempurna. Mulai dari diri kita sendiri, cara kita menjalani hidup, sampai kepada cara kita nyari pasangan hidup. Intinya : Live Perfectly!

Haha, entah kenapa...kok gw ngerasa konsep kaya gitu cuma sebatas doktrin ya? Kenapa gw bilang semua itu doktrin? Nyatanya semua hal yang berhubungan langsung sama kehidupan kita sehari-hari seakan nyuruh kita untuk jadi manusia yang sempurna. Ga cuma secara kelakuan, bahkan secara fisik. Implisit emang, tapi indikasinya ada. Kita ditunjukkan dengan semua kondisi yang seolah-olah sempurna untuk manusia.

Semua contohnya simple kok. Pernah liat sinetron kan? ( Ya pasti pernahlah! hehe, pertanyaan basa-basi). Secara umum, gimana sih keadaaan tokoh/keluarga yang digambarin di film itu? Pasti yang tajir, rumah gede, mobil keren, cakep, ganteng, cantik, dll. Iya kan? Oke, mungkin ga semua sinetron itu berangkat dari latar belakang cerita keluarga yang tajir, dsb dsb. Tapi intinya tetep ada tokoh lain yang kaya gitu kan? Atau, minimal ada tokoh yang ga mampu-mampu secara ekonomi gitu, tapi tetep aja orangnya keren, ganteng, cantik, dll. Hayo, bener ngga? Haha.....bo'ong banget kalo lo sampe jawab "ngga". (lagi - lagi pemaksaan kehendak dari gw...hehe).
Kenapa (hampir) semua sinteron harus punya alur kaya gitu? Kenapa cuma penggambaran kaya gitu yang harus dipilih? Itulah alesannya gw ga suka nonton sinetron. Semuanya serba muluk. Bentuk penggambaran......katakanlah kehidupan yang sempurna (bagi penulis naskah, sutradara, dan sebagian besar masyarakat). Ya, perwujudan bentuk kesempurnaan manusia yang disajikan dalam kemasan yang menarik untuk diliat orang-orang. Bentuk doktrinasi akan sebuah konsep kesempurnaan dalam hidup? Buat gw iya.

Merasa contoh yang gw ajuin terlalu klise? Oke, melangkah ke contoh berikutnya. Tau manekin kan? Itu lho, boneka model yang jadi alat peraga baju-baju yang dijual di mall, departemen store, dan bahkan sampai pasar. Ya, perhatiin semua manekin itu. Langsing, tubuh proporsional, dan apa lagi.....bahkan terkadang ada yang berotot segala! haha. Gw suka mikir, apa jadinya kalo ada manekin yang perutnya buncit? Hehe, ga kebayang juga sih gimana bentuknya? Tapi seenggaknya kalo manekin dibuat untuk jadi patokan bentuk baju yang akan dipilih konsumen...kenapa semua manekin dibuat dalam bentuk badan yang benar-benar sempurna? (lagi-lagi, sempurna secara umum).
Bayangin kalo bapak gw mau beli baju, dan dihadapkan pada manekin berutubuh ramping bin kekar sebagai model baju yang bakalan dipilih? Pasti baju itu akan pas dipakai sama manekin itu. Buat bapak gw? Bisa jadi baju itu keliatan sesek di bagian perut, atau mungkin sedikit kedodoran di bagian bahu. Artinya, badan bapak gw bukan badan yang pas untuk dipakein baju seperti yang di manekin itu. Emang sih, itu salah satu strategi marketing juga. Dan lagi, emang itulah kondisi tubuh yang mungkin hampir mendekati keadaan tubuh yang dimiliki orang-orang 'normal' pada umumnya? Tapi kan ga harus segitunya, sampe badannya tuh jadi baguuuuuuuus banget. Kaki sampe pada panjang-panjang, perut pada rata serata-ratanya. Segitunya.... Beneran deh, gw penasaran kalo sampe ada manekin yang perutnya buncit!! Hyahahahaha
Manekin, lagi-lagi sebuah bentuk perwujudan dari kesempurnaan manusia.

Masih banyak kok contoh yang menuntun kita kepada bentuk : begini lho manusia yang sempurna, dan begini pula kehidupan yang sempurna.
Cape juga gw ngeliat dan ngedenger semua bentuk doktrinasi itu.

Yang namanya manusia sempurna itu cuman ada dalem angan-angan doang. Beda konteksya kalo "manusia sempurna untuk orang lain".
Sempurna secara fisik? Itu relatif. Tapi tetep aja gw ga percaya kalo emang ada hidup yang segitu sempurnanya buat manusia.
Gw sendiri berpatokan bahwa gw ga akan jadi manusia yang sempurna. Way to be perfect is imposibble. Nggak buat orang paling ganteng dan cantik, nggak juga buat orang paling taat beribadah sekalipun. Tapi bukan berarti kita ga bisa berusaha jadi manusia yang mendekati kesempurnaan itu kan?

Satu keluhan terbesar gw disini adalah...kenapa bentuk-bentuk doktrinasi itu masih selalu ada?? Bah!

No comments:

Post a Comment