Monday, August 24, 2009

Ngomong - Ngomong Soal Masa Lalu

Jakarta, 4 Agustus 2006

Gw masih inget, pagi-pagi buta gw udah keluar nyari koran di deket rumah. Apa pasal? Yang pasti bukan karena gw sangat berniat dan bernafsu untuk baca berita di hari yang sepagi itu. Bukan juga sekedar iseng untuk mungutin koran-koran bekas yang bertebaran di pinggir jalan (ehm..secara gw pecinta lingkungan. Hehehe)

Ya. gw berniat untuk nyari nama gw di daftar nama penerimaan SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru).
Dan yang dinanti akhirnya dateng juga....nama gw tercantum di koran. Di tengah-tengah ribuan nama lainnya, yang pasti ga gw kenal (yaiyalah...). Saat itu dengan bangga gw bisa menepuk dada kerempeng gw, dan menasbihkan diri sebagai 'mahasiswa'. Akhirnya, setelah sekian belas tahun berstatus 'pelajar', 'anak sekolahan', dll..gw bisa melepas seragam dan menggantinya dengan 'baju bebas' (oke, sayangnya tidak termasuk baju renang).

Ga kerasa, masa itu udah berlalu cukup lama. Ga kerasa udah berselang 3 tahun masa-masa gw cabut di masa latian paduan suara, untuk kemudian ngeliat abang-abang tukang cendol ketabrak vespa mabuk di deket stasiun Pondok Cina (ini kisah nyata!). Ga kerasa masa gw masih imut dan 'hijau' itu udah lewat gitu aja.

Tiga tahun lalu, gw masihlah mahasiswa sableng dengan motto 'ngelawak dan nongkrong only'. Euforia keterima di perguruan tinggi negeri, tiap hari dilalui dengan 'senang-senang' dan 'senang terus'.
Gw masih inget gimana gugupnya gw waktu pertamakali disuruh presentasi makalah individu gw (yang notabene awut-awutan, setipis kembang tahu, dan tanpa dihiasi footnote). Gw masih inget gimana gw bersama 'geng ancur' dengan isengnya bikin dresscode sendiri. Di satu hari pake batik seragam SMA, besoknya pake baju pantai, besoknya pake setelan rapi (plus blazer), sampe kadang suka ada senior yang menjuluki kami kelompok yang tengil...hehe. Masih juga suka gw kenang masa-masa gw piara rambut tanpa dipotong selama dua semester awal...yang berujung kepada hadirnya sosok gw yang gondrong awut-awutan, kurus, dan bahkan sampai dengan tega banyak yang ngecap gw 'tukang ngobat'!! Sial..

Masih inget pula masa-masa awal kuliah gw yang hancur berantakan, dipenuhi dengan cabut kelas dan nangkring di kantin. Ada satu cerita tentang ini. Gw cabut berempat bersama teman-teman gw (Oke, ada baiknya nama tiga teman itu gw samarkan dengan Mawar, Melati, dan Kamboja). Entah karena terlalu bego apa gimana, kita berempat cabut di tempat yang pasti dilalui dosen kelas tersebut selepas mengajar.
Ga diragukan, selesai kelas...sang dosen lewat di depan kita, dan kami ke-gep!!! Berikut petikan interogasi dosen dengan kami :

Dosen : Mawar, kamu kemana tadi? Kok ga masuk kelas saya?
Mawar : Ehm, anu mas...saya bikin tugas untuk kuliah habis ini
Dosen : Kamu Melati? Kenapa ga masuk?
Melati : Aduh, tadi saya ga dapet kereta mas. Jadinya telat, ga sempet masuk kelas!
Dosen : Kamboja, kamu juga kenapa?
Kamboja : Saya....saya....saya bantuin Mawar bikin tugas mas
Dosen : (tampak kesal karena berbagai alesan ga mutu tersebut) Kamu kenapa Indra?
Gw : Mmmm....maaf mas. Saya khilaf..
Dosen : .............. (malas bicara lagi)

Oke, diliat dari kacamata mahasiswa baru...gw ngeliat kelakuan gw sebagai tindakan konyol-konyol asik bin bodoh (sesuai moto gw dulu "ngelawak only"). Tapi kalo sekarang gw inget lagi, asli...gw ngerasa gw udah berlaku sangat kurang ajar bin biadab.

Begitulah hidup gw di awal kuliah, nyampah banget. Jarang banget megang bahan bacaan wajib kelas. Di kelaspun juga gitu-gitu aja. Duduk belakang, baca novel, atau terkantuk-kantuk denger penjelasan dosen sembari menulis-nulis suatu karangan bebas. kadang ada kelas yang gw suka, dan sangat gw simak penjelasan dosennya. Tapi itu jarang banget.
Ada juga saat di kelas yang gw bener-bener ga pernah merhatiin apa yang diomongin dosen tersebut. Entah karena cara ngajar dosennya yang ga enak (dan ini diakui oleh teman-teman sekelas), atau emang gwnya sangat amat malas!

Di suatu siang yang terik dan damai (oke, ini mengkondisikan sesuatu yang dramatis), gw sedang menghadiri kelas wajib yang males banget gw simak. Hingga sang dosen menawakan wacana : 'ayo, ada yang mau bertanya?'
Gw melihat ada sekitar 3 tangan yang teracung ke atas. Dengan begonya gw punya niatan "Ah, banyak yang ngacung...iseng ah ikutan ngacung biar rame" ==> padahal gw ga nyimak materinya sama sekali.
Tanpa dinyana, Bu Dosen menanggapi : "Ah, mas berkacamata di belakang itu ga pernah nanya sebelumnya! Saya kasih kesempatan sekarang untuk kamu!!"
Dan....tinggallah gw yang tergagap-gagap menyusun pertanyaan yang sebisa mungkin disambung-sambungin sama topik kuliah hari itu (yang ujung-ujungnya, pertanyaan itu makin ga jelas dan membuat Bu Dosen mengernyitkan dahi). Sumpah, waktu itu gw PANIK!!! hahahaha..

Itulah sejarah kenapa nilai gw agak susah gw katrol sekarang. Kebanyakan main, kebanyakan becanda. Bayangin aja, mungkin pas gw masuk sekitar semester 4 atau 5, gw baru mulai berubah dalam menjalani gaya kuliah. Mulai sering nyatet, ngumpulin bahan, nyimak dosen (tapi ga lupa tetep nangkring di kantin sambil makan-minum, main kartu juga..hehe). Dapet IP lumayan sekarangpun, belum cukup untuk nutupin 'dosa' gw di semester awal. Semua emang ada timpalannya. Kalo kata Arnold Schwarzeneger, sekarang gw sedang mengalami 'Judgement Day'..hehe

Dan lagi-lagi, gw cuma bisa inget kalo masa-masa menyenangkan itu udah berlalu tiga tahun lalu. Masa-masa sering ketemu temen seangkatan, sering main bareng mereka, sering cabut kelas, sering nitip absen, sering suka-suka! hahaha


Sekarang, pagi buta 24 Agustus 2009...tiga tahun lewat 4 hari setelah itu.
Gw merindukan dulu. Gw merindukan kumpul sama temen-temen seangkatan, main futsal bareng, belajar bareng (yang ujung-ujungnya gw cuman jadi badut di situ), dan jalan bareng mereka. Naif emang, tapi di satu sisi gw menyesal dengan kelalaian (cih, bahasanya sok berat) gw di masa lalu...kelalaian yang bikin IP gw jadi susah banget buat naik. Udah kaya lomba panjat pinang yang diikutin kakek-kakek. Bisa naik, tapi beraaaaaaat banget. Tapi di sisi lain, gw dulu menikmati itu...hehe
Sekarang gw udah mulai harus menyusun skripsi. Frekuensi ketemu temen-temen angkatan juga paling banter 2 kali seminggu, itu juga pasti ga lengkap dan ketemunya sistem cicilan. Makanya, setiap temen angkatan bikin acarapun gw yang sekarang pasti ikut. Misalnya yang terakhir pada jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor. Yah, mau gw sibuknya kaya apa (maklum, mahasiswa eksis dengan kepadatan waktu tingkat tinggi!! hehe) , pasti itu akan gw sempetin. Apa sih yang nggak buat temen? (Yoi, kata-kata klise...)

Oleh karena itu adik-adik mahasiswa yang sekarang mungkin baru masuk semester awal (paling banter tingkat 2)..jangan sia-siakan kuliahmu nak. Belajar yang rajin di kelas, nyatet terus ya, jangan sering cabut juga. Hehehehe
Sering-sering juga kumpul sama temen seangkatan, karena makin taun ke atas bakal makin jarang ketemu.

Sampai jumpa....lagi....teman.....hiks... (mendadak sensitif)
*Tapi sumpah, gw kangen masa itu!

4 comments:

  1. gue jadi ngebayang ke depannya gimana, dan.
    sekarang aja kumpul sama temen2 gue lg susah (pada sibuk semua), huhu.. emang harus nyempet2in ya.

    goodluck buat skripsi dan lain-lainnya, semoga tahun terakhir lo di fisip (gue doain tuh lo lulus taun ini, hehe) bisa menjadi menyenangkan dan unforgettable. :)

    ReplyDelete
  2. duh dan gw jadi sedih bacanya, haha lebay..
    eh tp beneran deh ga kerasa bgt!

    ReplyDelete
  3. @tami : Yup, semuanya beneran ga kerasa kok Tam. Tiba-tiba aja udah tingkat akhir. Hehehe. Iya tuh, disempetin ketemu sama temen-temen lo.

    @Fani : Hahaha, bahkan gw masih inget pas kita masih OBM di fasilkom, gw sekelas sama lo kan? Itu aja kayanya masih belum lama. Gw masih cukup inget sama orang-orang penghuni kelas OBM kita..hehe

    ReplyDelete
  4. hahaa iyah kita sekelas, gw jg masih inget! ama anak2 FK n MIPA. trus dosen fasilitatornya si mas botak. aah, time flies too fast!

    ReplyDelete