Tuesday, June 9, 2009

Yang Gendut, Yang Doyan Makan, Yang Males, Yang Kiyut!

Mungkin ada yang berpikir kalo....judul itu mengingatkan lo akan gw?? Hahahahaha!! (males juga sih dibilang kiyut alias cute )

Bukan...bukan. Gw paham kok kalo mungkin konsepsi 'kiyut' masih melekat erat di pandangan lo terhadap gw, hehe. Tapi bukan gw yang jadi objek di sini. Sekarang gw mau total nulis tentang binatang favorit gw. Tebak apakah itu?

Hemmm...pernah tau ada beruang dengan warna belang-belang item-putih dan hobinya makan daun bambu? Kalo ga tau...nih gw kasih sedikit cuplikan gambar binatang itu lagi makan daun bambu :





Nah...udah tau kan itu binatang apa?
Yak, jawabannya Panda! Foto di atas adalah jenis Panda Woolong dari Cina, yang terkenal sebagai jenis Panda yang besar (dan gendut tentunya).

Apa alasan gw suka sama Panda? Butuh lebih dari tumpukan kertas setebal novel "Harry Potter and The Deathly Hallows" untuk mengungkapkan alasan gw jatuh cinta sama Panda. Dimulai dari jaman SMA awal, ketika gw banyak nonton acara Discovery Channel tentang Panda. Gw ngeliat sosok hewan itu sebagai hewan yang diliputi dengan kedamaian. Hidupnya ga jauh-jauh dari makan, tidur, main-main, dan guling-guling. Seringkali selalu diikuti dengan ekspresi wajah yang tersenyum seakan berkata : "Hai cOwo..maiN yUkZzzzzzzz!" ==> Pandalay alias Panda Alay...

Damai boleh damai, dan nyengir boleh nyengir. Tapi ingat, jangan sekali-sekali menguji kesabaran Panda (misalnya lo nabok dia, pas dia lagi asyik ngemil bambu). Akibatnya fatal! Lo bisa aja digaplok doi pake tangan selebar piring makan yang penuh dengan kuku. Lha, insting beruang-nya bisa keluar lho kalo dia diusik! Tapi secara keseluruhan, Panda itu emang objek yang sangat menarik dan imut-imut. Berikut ini adalah foto tumpukan Panda yang lagi leyeh-leyeh habis makan


Keterangan Foto (Kiri-Kanan) : Chi-Lay, Klepir, Dickoy, Klewang, Q-Noy, Jembez, Chipet, P-Tax, Koboy, Sarmidi, Koray, BoTex, KhaNoeL, AguZ, Rosidi, Alec


Liat kan betapa imutnya mereka? Terutama pas masih pada bocah gitu. Badannya pada bulet-bulet, gendut semua.
Itulah yang bikin gw pengeeeeeeeeen banget bisa ngelus-ngelus panda, main sama panda. Pernah nonton film Tropic Thunder yang dibintangin sama Ben Stiller ga? Di situ ada adegan dia lagi shooting sama anak Panda. Gila, mupeng abis gw ngeliat Stiller dan anak Panda saling guling-gulingan, dua-duanya nyengir. (ga cuma Panda, tapi Ben Stiller juga bisa nyengir kok).
Inilah yang kemudian membuat gw punya cita-cita. Seandainya gw udah tajiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiir mampus-mampusan, gw niat untuk pelihara Panda. Karena piara Panda sebenernya ga ilegal, tapi ada sebuah ijin khusus gitu, Di ijinnya tertera kalo lo bisa miara sampe umur sekian tahun, dan kalo udah tiba saatnya, maka Panda lo harus diserahkan ke kebun binatang.. Waw, bisa ngiler gw ngebayangin sampe gw bisa miara panda.

Hal lain yang gw suka dari mereka, adalah perhatian sang ibu sama anak Panda itu. Yang lucu, anak Panda sampe umur 4 bulan (yang notabene udah mencapai berat 12 kilo) masih suka digendong-gendong sama ibunya. Kadang digendong di depan, kadang digendong kaya bawa ransel. Dan itu yang bikin mereka makin keliatan lucu! Nih gambar ibu Panda gendong anak :


Anak Panda manja, digendong Mamake


Selain itu, Panda family juga terlihat selalu rukun dan riang gembira lho. Keluarga Panda biasanya keluarga kecil yang terdiri dari Bapak-Ibu-Anak (kebetulan Bapak dan Ibu Panda pake KB). Dan mereka bertiga pun masih aja suka maen bareng bertiga. Guling-gulingan, gebuk-gebukan...hehe


We're Happy Family!!


Haha...imut kan Pandanya? Pokoknya secara keseluruhan hidup mereka tuh simpel! Makan-Main-Tidur! Statis sih, tapi damai! Nih, Panda dalam berbagai aktivitas

Panda Makan
Panda selalu mengunyah dan mengunyah tanpa henti. Benar bahwa makanan utama mereka bambu. Bisa daun bambunya, atau bisa juga rebungnya. Kadang mereka juga makan sayuran lain, misalnya kentang.


Panda makan bambu. Saking malesnya, mereka makan sambil tiduran!





Panda makan kentang ( Pose : Tetep sambil tiduran! )




Panda kelaperan...ganas dalam usaha mencari pucuk daun bambu!




Panda kekenyangan yang udah ogah disodorin bambu


Panda Main
Kalau lagi ga tidur, selain makan, mereka juga paling doyan main-main. Guling-gulingan rame-ramelah, dorong-doronganlah, manjatin pohon lah... Check these out!



Little Bro yang sedang membantu Sang Abang naik ke tempat bermain



Panda asyik manjat pohon. Bentuknya sekilas mirip botol berbulu lebat






Panda Tidur
Kalo udah makan dan main-main, mereka akan kecapean dan segera ngantuk separah-parahnya, dan mereka akan tidur sepuasnya dimana saja! Kalo perlu mereka tidur di tempat mereka main, atau di atas pohon!



Tidur siang setelah pada cape maen SmackDown a la Panda!




Teler di pohon, tengkurep di pohon, tidur di pohon



Nah...udah liat sendiri kan, betapa damainya hidup mereka. Mereka akan ramah sama manusia selama manusia juga ramah sama mereka. Bahkan kalo manusianya ngajak guling-gulingan maen SmackDown, mereka juga akan ngeladenin. Cuman ya ati-ati aja, salah-salah main SmackDown itu bisa jadi film Saw edisi lima gara-gara salah cabik! Hehe...
Pokoknya, gw akan melakukan segala sesuatu yang bisa mendekatkan hidup gw sama Panda. Entah cuma ngelus dan 'say hello' , atau sampe piara Panda satu keluarga. Kalo punya info dimana gw bisa dapet akses ke binatang imut bin kiyut ini...bolahlah dibagi ke gw. Untuk sementara posting gw soal Panda sampe segini dulu aja. Kalo ada gambar lebih lanjut yang lebih kiyut, nanti akan gw post lagi.

Salam cengir Panda!

Cengir dan Cengenges


4 comments:

  1. ga kuat liatnya..
    lucu banget >_<

    ReplyDelete
  2. Siapa yang lucu Sat? Gw??

    (kalo mau muntah diperbolehkan kok...)

    Haha, imut-imut banget kan? Makanya gw doyan banget sama yang namanya Panda. Berharap suatu hari nanti bisa miara Panda...

    ReplyDelete
  3. aaaa gila kiyut banget. coba kalo bisa dipiara yah.... gw juga suka banget sama panda :)

    ReplyDelete
  4. haha...gimana kalo kita semua udah tajir,patungan piara Panda??

    Kalo yang gw tau, emang ada izin khusus buat piara Panda (tapi ketentuannya juga ketat). Nah biasanya kita dikasih jangka waktu untuk piara sampe umur sekian taun (yang gw juga kurang tau detailnya). Itupun juga dengan pengawasan ketat. Nah kalo jangka waktu sekian taun itu udah abis, maka Panda itu dibalikin ke kebun binatang..

    ReplyDelete