Tuesday, June 9, 2009

High Stakes Bet

Sekarang ini gw dalam masa-masa penuh dilema. Ada sebuah hal (yang mohon maaf, ga bisa gw tulis di sini), yang perlu pertimbangan khusus mengenai keputusan yang bakal gw ambil. Hal ini sebenernya udah gw pikirin dari sebelum, selama, dan sesudah masa UAS..tapi sampe sekarang belum ketemu jawabannya : langkah apa yang mau gw ambil?

Satu temen gw pernah bilang sama gw : 'lo kelamaan, kebanyakan pertimbangan!'. Well, his statement probably right... Tapi gw sendiri heran. Ga biasa-biasanya selama ini gw ngambil sebuah keputusan. Bayangin aja, sampe hampir sebulan (apa udah sebulan ya?) gw mikirin langkah gw. Padahal pilihan jawabannya cuma dua, tapi kenapa gw bisa sebingung ini?

Jawabannya cuma antara 'ya' dan 'nggak', sesuatu yang kontradiktif...baik secara konsep, maupun secara akibat. Sama posisinya kaya mutusin 'maju' atau 'mundur', 'hajar' atau 'nyerah'... As that simple.. Yang jadi masalah utama, ya itu...akibat atau konsekuensi yang harus gw jalanin dan gw terima. Satu sisi, kalo gw ngambil pilihan yang bernada 'ya', maka gw ngelakuin pertaruhan besar. Kalo gagal ya gw keilangan semuanya. Sama kaya misalnya gw main poker, dan bertaruh 'All in' dengan modal kartu nanggung. Dibilang jelek ya nggak, tapi bagus juga nggak. Kalo gw ngambil pilihan yang bernada 'nggak', maka gw harus ngorbanin sesuatu yang mungkin (belum tentu juga) bisa dapet...tapi tanpa gw sendiri pernah nyoba. Dan kalo lagi-lagi diibaratin dengan poker, maka gw udah 'fold' di pembukaan pertama.

Masalahnya kaya judi...tapi judi gede dengan resiko gede pula. Dibilang kalo gw ga sanggup untuk nerima resiko kalahnya, mungkin iya juga. Karena bisa jadi gw ga bakal kalah biasa, tapi kalah telak dengan kehilangan semua modal gw. Hajar terus juga gw khawatir timbul kesan "maksain". Tapi mundurpun susah, karena gw ga tau apa yang akan bisa gw dapet. ditambah lagi dengan sifat alami berupa penasaran untuk terus maju (masih berhubungan juga dengan poin 'gw ga tau apa yang bisa gw dapet' sih...). Bukan cuma main penasaran, tapi juga main perasaan.

Sampe detik inipun gw masih belum tau, apa yang mau gw ambil. Kalo biasanya gw main poker, maka gw terbiasa untuk ambil terus kesempatan yang ada. Hajar terus sampe maksimal. Kalo perlu, dengan kartu seadanya, gw bisa gertak musuh sampe dia ngalah. Tapi di sini bukan hukum gertak yang belaku. Bukan hukum siapa berani setinggi apa, dan sejauh mana dia punya modal bagus. Hukum yang berlaku di sini seandainya gw maju terus adalah : sejauh mana gw bisa terus melangkah dan sejauh mana gw bisa mundur di saat perlu. Resikonya juga beda, sifatnya imaterial. Dan jujur, untuk saat ini, gw belum berani bertaruh segitu besarnya. Mundurpun gw belum bisa, karena gw belum tau kemungkinan apa yang masih ada di depan.

It's a high stakes bet!

No comments:

Post a Comment