Tuesday, June 23, 2009

Welcome to the Dinosaurs World! Part II : Tylosaurus, The Sea King

Post pertama untuk seri "Welcome to the Dinosaurs World!" tidak akan gw buka dengan memperkenalkan dino beken macem Tyrannosaurus atau Velociraptor. Gw prefer untuk ngebuka dengan dino yang mungkin agak asing di telinga kita, tapi pada faktanya inilah dino yang menjadi raja lautan sekaligus salah satu karnivora terbesar yang pernah ada di dalam air. Dino ini dikenal dengan Tylosaurus.

Oke, gw akan mulai dengan sebuah perbandingan yang pasti (baca : semoga!) akan membuat Anda semua geleng-geleng kepala. 

Hmmm....bayangkan Anda berenang di laut, dan dikejar (atau bahkan dilahap) hiu sebesar ini :

   


Pasti ngeri kan? Gimana ga ngeri kalo kita dikejar monster sebesar lebih dari 3 meter dengan kecepatan berenang sekitar 40 Kilometer/jam, dan dicabik ratusan taring (kurang lebih 300 taring) yang tersusun dalam 3 lapis gigi? Whew, ga kebayang kaya apa horornya itu. Hiu sendiri sebenernya salah satu makhluk purba, namun mengalami penyusutan ukuran di masa dewasa ini. Hiu purba (megalodon) bahkan bisa mencapai 2 SAMPAI 3 KALI LIPAT ukuran hiu di foto ini.


Oke, ngeri dengan gambar pertama....gimana kalau gw tunjukkan gambar berikutnya? Silahkan diintip :





                                     

 

Yak, dino yang MEMANGSA MEGALODON BERUKURAN 7 METER tersebut adalah yang dimaksud dengan Tylosaurus. Whew, hiu raksasa cuma terlihat seperti cemilan kecil bagi Tylosaurus itu.

Tylosaurus diperkirakan memiliki panjang tubuh sekitar 13-15 meter, dapat mencapai bobot tubuh lebih dari 7 ton, dan berenang dengan kecepatan 70 Kilometer/jam! Makhluk laut mana yang masih bisa lari dari kejaran dino super sangar ini? Kecepatan Tylosaurus diperoleh dari kedua pasang sirip raksasanya (yang ukurn satu siripnya bisa lebih dari setengah kali ukuran megalodon dewasa). 

Fakta yang lebih mengerikan adalah.....sirip raksasa Tylosaurus tidak hanya digunakan untuk berenang dengan kecepatan super kilat, tetapi bahkan dapat digunakan untuk lompat ke atas permukaan air dan mencaplok Pteranodon yang sedang terbang rendah!! Coba bayangkan lagi karnivora air super raksasa yang bisa loncat a la Lumba - Lumba, makhluk seperti apa itu?? Dijamin, Hiu raksasapun pasti pasrah dan hanya bisa berdoa kalau dikejar monster ini. Berikut ilustrasi Tylosaurus menangkap Pteranodon yang sedang terbang :



 



Dengan segala keunggulan monster pembunuh ini, masihkah Anda yakin kalau Tyrannosaurus merupakan predator paling ganas sepanjang masa? Di darat mungkin jadi milik Tyrannosaurus,tapi lautan pasti jadi milik Tylosaurus. Dan ingat, 70% dari bumi adalah perairan dan lautan. Jadi tidak salah kalau bisa dibilang Tylosaurus merupakan predator yang jauh lebih mengerikan daripada Rex.



DATA DAN FAKTA TYLOSAURUS :

Masa Hidup : Akhir Cretaceous
Pertamakali Ditemukan :  1868 oleh Edward Drinker Cope dan Othniel Charles Marsh di Kansas
Panjang : 13 - 15 Meter
Berat : Sekitar 7 Ton
Kecepatan : 42 Mph (kurang lebih 70 Kmh)
Makanan : Semua makhluk laut ( mulai dari yang raksasa seperti Plesiosaurus, Archelon hingga Megalodon ) dan Pteranodon
Rating Dandy : SANGAR, MONSTER, BUAS, GANAS! ( 5 Bintang )



Tylosaurus, karya agung Zeus

3 comments:

  1. idih, sereeem banget !!!!
    ditunggu link baliknya di www.techno-kom.blogspot.com !!!

    ReplyDelete
  2. Ngawur nih blog.yg dimakan itu Hiu Squalicorax atau Cretoxyrhina bukan Megalodon,Megalodon mah bisa sampe 20M panjangnya dan apalagi mereka beda zaman(Tylosaurus Akhir kretasius kalo Megalodon:Miocene hingga awal Pleistocene(Jaman Es).Lagipula Tylosaurus kecepatan renangnya hanya 15 hingga 20 KM/jam.Emang ente pikir dia motor bisa melesat sampe 70KM/jam :p
    Dan Tylosaurus itu bukan dinosaurus tapi reptil air yg masih berkerabat dg biawak,ular,dan kadal diJaman sekarang.
    Terakhir,kalo diadu yg ada Tylosaurus ini malah akan berakhir sebagai makanan lezat untuk seekor Megalodon dewasa :p

    ReplyDelete
  3. setelah mengulas (megalo)DON yang ikan mari ulas (liupleuro)DON yang dinosaurus :v coba bandingin sama tylosaki :v ane jadi tertarik

    ReplyDelete