Saturday, May 23, 2009

Kuburan Band... . Bandnya Para Eksebisionis

Siapa anak muda Jakarta yang ga kenal Kuburan Band? Sekarang band itu lagi tenar-tenarnya mengudara di mana-mana. Di radio dan terutama di TV.
Pastinya, yang paling khas itu ya gaya mereka. Dandanan a la KISS, tapi dengan lagu yang lebih cocok dinyanyiin sama Teletubbies!

Lupa-Lupa Ingat, itu judul lagu mereka. Dibilang lagu yang simple sih...emang simple (ya mau diapain lagi dong??). Sekali denger lagu ini pasti langsung inget sama bagian reffrainnya. Ya, bagian "C-Am-Dm-G"! Tentu buat para gitaris dan bassis yang hobi ngulik lagu, sangat dimudahkan dengan lagu ini! hehe..


Ini foto Kuburan Band. Eh sori, ini sih KISS...hehe



Yang jadi menarik adalah ketika mereka bisa ngebungkus bagian simple itu jadi jualan yang unik dan asik. Gw sendiri pernah ngajarin anak bocah maen gitar. Biar gampang, gw ajarin pake 'lagu darurat' yang langsung terkarang di otak gw yang amburadul ini. Pas itu gw bikin pola kunci C-G-Am-F sambil dinyanyiin satu-satu per kunci itu. Tapi yang luar biasa....sama sekali ga kepikir untuk bikin itu jadi sesuatu yang menarik buat dijual!

Emang ga sedikit yang mencibir mereka dengan ungkapan 'band tanpa skill', atau 'dandanan doang yang serem', dll lah..
Gw sendiri punya pendapat lain. Jauh-jauh hari sebelum band ini beken di tv, gw pernah dapet softcopy nya dari temen gw yang anak bandung. Dan ga cuma lagu 'Lupa-Lupa Ingat' yang gw denger. Ada satu lagu lagi yang mungkin juga sekarang mulai nge-hits, yaitu judulnya 'Tua-Tua Kelabing'.
Lagu yang gw sebut belakangan itu sedikit-banyak bergenre Rock n Roll. Gw agak kaget denger lagu ini setelah persis sebelumnya gw denger 'Lupa-Lupa Ingat'. Gaya mainnya beda banget. Tetep sih make lirik konyol, tapi musikalitasnya kerasa banget. Dengan modal gitar bersitorsi yang simpel tapi dengan beat asyik, sampe ke penambahan sampling segala. Gw sendiri sangat enjoy pas denger lagu ini (dengan fakta bahwa gw bukan penyuka Rock n Roll).
Jadi kalo mereka dicemooh soal skill dan musikalitas ya....buat gw mereka masih jauh lebih mending daripada band bergenre Melayu yang sekarang juga lagi marak.

Kalo soal dandanan sih menurut gw jangan diambil pusing. Mereka itu kan band dengan unsur ngelawak. Dan buat gw sah-sah aja kalo mereka ngelakuin itu. Kalo mau dibandingin...kenapa orang jaman 1990-an dulu ga ada yang protes pas band XPDC tampil dengan gaya metal (dan sebagian glamrock), tapi dengan lagu yang mendayu-dayu...padahal ga ada unsur becandanya sama sekali?
Balik ke soal Kuburan Band dan dandanannya, toh mereka juga sama sekali nggak berafiliasi maupun mainin lagu-lagu a la KISS juga kan? Kalo gw liat di beberapa kali perform mereka, toh juga dandanan itu kontras banget kok pas dipadu sama kelakuan mereka yang luar biasa nyeleneh dan bikin gw ga bisa berhenti mikir...."Kok ada ya orang dengan kelakuan segoblok ini??". Justru gaya mereka yang kaya gitulah yang bikin band ini bener-bener makin kerasa suasana fun-nya. Gila, Stress, Ngawur, tapi juga bukan berarti ga berisi. Lha iyalah, gw percaya kok sama kemampuan main musik mereka. Gimana mau ga percaya kalo liat track record mereka yang udah cukup lama bertahan sebagai sebuah band yang struggle di Bandung?



Nah...ini baru Kuburan Band...



Tapi tetep...gw juga ga bisa menjamin bahwa pamor band ini bakalan bisa terus berkibar di belantika musik Indonesia. Gw sedikit agak khawatir kalo band ini bisa kegusur sama band-band bergenre Melayu atau justru penyanyi solo yang ga mutu, misalnya sebut saja Olga (bukan nama samaran). Pokoknya apapun yang terjadi menyoal nasib band ini ke depannya, gw cuma bisa bilang...maju terus buat kuburan band!

3 comments:

  1. Gue SETUJU BANGET DAN ama pendapat lo!
    hahaha

    ReplyDelete
  2. btw lu bukannya dapet dari gua ye?

    ReplyDelete
  3. @Boim : Yah kalo lo emang JUNIOR gw, lo HARUS nurut dan setuju sama SENIOR lo im..haha. Btw, memang begitulah adanya (jawaban macem apa coba??)

    @mesum : Yang 'Lupa-Lupa Ingat' dulu gw udah pernah dapet dari temen gw anak unpad. Trus habis itu makin familiar pas Dali ngasih link Youtube-nya. Nah yang 'Tua-Tua Kelabing' baru deh gw dapet dari lo..

    ReplyDelete