Thursday, April 2, 2009

Caleg yang Menjalankan Fungsi Adminstrasi

Kemaren sore, gw baru aja baca salah satu artikel di Gatra edisi 26 Maret-1April. Di situ gw nemuin artikel menarik, unik, dan sekaligus bikin gw geleng-geleng kepala ngerasa prihatin.

Artikel yang berada di halaman 89 itu mengulas secuplik wawancara singkat dengan pengamat politik Indonesia, bapak Imam Prasodjo.

Tersebutlah bahwa Pak Imam ini pernah jadi host acara Panggung Demokrasi di Glo**l TV, setiap hari Jumat jam setengah sebelas malem. Waktu itu, beliau lagi kebagian tugas ngewawancarain seorang Caleg.
Pak Imam inipun bertanya "Apa tugas seorang anggota DPR?"
Tanpa dinyana, si caleg yang notabene harusnya mencalonkan diri untuk duduk di kursi DPR atau DPRD ini, gelagapan setelah dikasih pertanyaan tersebut. Dengan muka bingung dan celingukan, dia berusaha nyari sumber jawaban (mungkin di contekan yang doi bawa, ga ada jawaban itu kali yaaa...hehe). Bulir keringat menetes deras dari pori-pori wajahnya, dan degup jantungnya berdentum di tengah kepongahan hatinya (apa coba? hehe)
Ngeliat temannya yang sedang panik dan kesulitan, muncul 'pahlawan' dari bangku lain yang berusaha ngasih tau bocoran jawaban ke Caleg naas ini. Dengan nada berbisik, dia mengulang-ulang sepetik kata kunci (jiah, sepetik!!), yaitu "fungsi legislasi" ==> walaopun singkat, tapi paling nggak si teman yang baik hati ini berharap kalo si Caleg bisa ngembangin lagi kata kunci itu.
Dan....entah kuping si caleg rada tuli atau gimana gitu, dia salah denger contekan itu. Dengan pede dia menjawab "Fungsi Administrasi Pak!!"
Denger jawaban alakadarnya itu, Pak Imam pun cuma bisa diem aja sambil sedikit nyengir asem kecut..

Lah wong namanya aja udah "Calon Legislatif", bukan "Calon Administratif", kok bisa-bisanya jawabannya nyasar sampe jadi fungsi administrasi??
Waw, bayangin aja seorang Caleg ga tau tugasnya apabila dia kepilih untuk duduk di lembaga legislatif. Itu baru satu Caleg yang mungkin didapet setelah diacak. Kalau emang Caleg yang ditanya ini dipilih secara acak, berarti logikanya Caleg kaya gini ga cuman ada sebiji atau dua biji doang! Berapa persen sih kemungkinan ngambil acak terus dapet satu-satunya Caleg dengan kepasitas kaya gini diantara ratusan Caleg lainnya?


Terus gimana kalo orang kaya gini duduk di lembaga legislatif sebagai wakil kita? Apa yang mereka mau buat disana? Ibaratnya kaya orang ngelamar kerja, tapi ga tau kerjaannya itu apa. Yang dia tau, kerjaan itu gajinya gede, kualifikasinya ga berat, terus bisa jadi orang beken pula. Siapa yang ga ngiler? Tapi sayangnya, kerjaan itu menyangkut masa depan dan kinerja sebuah negara. Menyangkut kepentingan dan kebutuhan orang banyak. Menyangkut kepercayaan (dan mungkin 'asal contreng') dari para konstituennya itu. Ya caleg itu mungkin cuma 'Beli kucing Anggora dalem karung' (istilah yang aneh...). Kenapa? Yah...dia ga tau kaya apaan bentuknya tuh kucing, ga tau tuh kucing makannya apaan, ga tau tuh kucing penyakitan apa nggak. Yang dia tau cuma itu kucing mahal, dan (kata orang) bagus!

Miris sih gw baca artikel itu. Tapi gimana lagi? Budaya itu lagi (dan udah) menjamur. Terus gimana cara kita ngebedain mana orang yang qualified dan yang nggak qualified untuk kita pilih? Yang kita tau cuma dari foto-foto di poster aja. Mungkin ada yang ganteng, mungkin ada yang cantik...hehe. Mungkin ada yang bokapnya artis, atau justru malah artis itu sendiri. Tapi gw jadi ragu gini, jangan-jangan mereka juga ga tau kalo dikasih pertanyaan kaya tadi?
Kalo Anda sekalian emang cuma pemilih yang berpatokan pada kreatifitas dan juga foto mereka dalam spanduk...mendingan ati-ati deh. Karena ternyata foto orang berpeci belum tentu lebih intelek daripada foto orang dengan sarung tinju. Foto orang naek mobil keren belum tentu lebih 'pinter dan maju' dibandingin foto orang boncengen vespa sama anaknya yang artis itu!

Prihatin cuy, PRIHATIN!!!


Caleg Bahenol Abad Ini

2 comments:

  1. sama prihatin sangat gw sob,,

    den lo lulus dari politik mo jadi caleg juga?
    tapi gw bisa banget ngebayangin muke lo di poster caleg petinju itu tuh hahaha :D

    ReplyDelete
  2. yah, kalo niatan gw masuk DPR buat jadi orang baik dan jujur di sana...kayanya bakalan cuma mimpi deh. Terlalu polos kayanya, hehe. Pengen sih (tapi dengan niatan kaya gitu)

    Ntar kalo gw nyaleg laen lagi cuy. Foto gw nanti bersanding sama foto Miyabi pake jilbab! hahaha

    ReplyDelete