Friday, April 17, 2009

Mari Makan Belatung!!

Pernah membayangkan segenggam belatung yang bergeliat-geliut menggemaskan itu dimasukkan ke dalam sebuah panci berisi air mendidih, kemudian diberi bumbu-bumbuan seperti garam, lada, bawang putih, ditambah sayuran hijau dan bahan-bahan lainnya? Bagaimana kalau setelah itu, sop belatung-belatung itu disajikan di dalam sebuah mangkuk...panas dengan uap mengepul, dan dengan belatung-belatung berwarna putih mengambang di atas kuah yang berwarna kehijauan?

Well, jangan dibayangkan...karena gwpun agak jijik juga...hehe
Lha, terus ngapain gw bahas dan gw kasih judul kaya gitu??
Jawabannya : biar eyecatching ajalah..hehe

Tapi percayalah, isi post ini ga jauh-jauh dari makanan ga lazim, dan hewan (maupun bagian dari hewan) yang juga ga umum dijumpai dalam bentuk masakan.
Baru-baru ini gw habis berbincang-bincang dengan seorang teman...soal masakan aneh-aneh yang pernah dimakan.

Dimulai dari yang cukup umum, misalnya jeroan macem limpa, otak, sampe 'torpedo' sapi. (Ngerti kan apa yang dimaksud 'torpedo' di sini? hehe). Setelah itu, masih ngomongin soal bagian dari badan sapi...yaitu idung sapi. Beranjak ke yang agak 'mahalan' dikit walaupun ga unik-unik amat macem hiu, ular, kelinci dan belalang.

Unuk sapi, buat lo yang berasal dari Jawa Timur mungkin ga heran sama makanan berbahan idung sapi ( kalo bahasa betawinya itu congor sapi kali ya?). Bahasa sananya itu "Cingur", dan biasanya dirujak pake bumbu petis. Kenapa ini gw bilang masih setengah umum? Ya iyalaaah, temen gw aja masih banyak yang doyan rujak cingur ini (termasuk gw sendiri....hehe)

Oke bosen dengan sapi, kita menjajah hewan lain. Bagaimana dengan........bekicot? Gw yakin (lagi-lagi yang orang Jawa Timur) pasti ada juga yang masih familiar dengan masakan berbahan hewan gastropoda ini.
Masakan bekicot yang populer adalah sate bekicot. Ditusuk dan dibakar, kemudian dilumeri bumbu kacang...hemmmm. Dagingnya kenyal (kalo kata Pak Bondan 'Wisata Kulinar' : Mak Nyusss!!). Bagi kalian yang udah jijik duluan dengan ngebayangin tubuh kenyal bekicot yang disate, tenang...masih banyak jalan lain untuk menikmati daging bekicot. Salah satunya adalah keripik bekicot. Banyak dijual di toko oleh-oleh di kota Jawa Timur, semisal Kediri dan Madiun (promosi kampung halaman)

Cukup dengan bekicot karena 'komoditas' ini masih agak umum. Oke, lanjut ke fauna berikutnya. Ada yang pernah makan Laron dan Tawon? Gw pernah. Dan kesan gw.......rasanya aneh. Gimana masak Laron? Gampang : Goreng aja!! Kebayang ga sih binatang dengan daging yang relatif sangat tipis, digoreng sampe dagingnya jadi susut lagi?? hehe.. Rasanya kering banget, dan juga hambar. Tapi banyak yang bilang kalo laron banyak mengandung protein. Sebanyak-banyaknya toh juga harus makan laron berapa banyak??? Lah daging sebiji laron cuma segitu...hehe.
Terus gimana dengan tawon?? Masakan tawon yang pernah gw coba adalah dipepes. Pepes ini punya rasa manis. Dasar gwnya ga terlalu suka lauk dengan rasa manis, jadi gw agak ogah makan nih tawon. Gw sempet ngicip dikit sih. Teksturnya agak benyek-benyek dikit gitu. Rasanya juga ga jelas. Malahan, gw ngerasanya kaya lagi makan tahu!! hehehe. Bodo ah, yang penting udah ngicip..
Oya, gw makan laron sama tawon itu bukan karena gw iseng dan ga ada makanan laen lho. Tapi emang karena dua bintang itu memang lazim dijumpai sebagai menu makanan di beberapa daerah di Indonesia.

Di luar contoh itu, masih cukup binatang yang pernah masuk ke mulut gw dan kemudian gw cerna dengan cukup sukses. Ya itu tadi...hiu (dikit aja...mahal, itu juga oleh-oleh), belalang, dan...tikus. Nah tikus ini yang belum gw ungkapkan di sini, hehe. Sebenernya gw ga yakin sih pernah makan ini apa nggak. Tapi pas zaman gw SD dulu (berapa taun lalu ya?) sempet ada tukang bakso yang nangkring di depan sekolah. Baksonya itu bukan bakso kuah, tapi disate gitu dan digoreng. Kebetulan harga baksonya itu muraaaaaaaaaaaaah bgtbgtbgtbgtbgtbgt!!!! (lebay...). Teksturnya juga agak aneh. Ga kaya bakso sapi maupun bakso yang kebanyakan tepung. Rasanya sih biasa-biasa aja. Dulu gw ga curiga samasekali kali itu daging tikus, walopun ada beberapa gosip yang bilang begitu. Tapi beberapa taun lalu gw liat acara di tv yang ngelacak penggunaan formalin dan daging tikus. Dan....Eng-Ing-Eng!!! Salah satu pengolahan tikus itu rupanya dijadiin bakso dan dijual oleh tukang-tukang yang setipe dengan di SD gw dulu...hehehe.
Masih ada ingetan yang ganjel sih. Pernah ada bintang lain yang gw makan, tapi gw lupa itu apa...hehe.

Anyway
, gw punya daftar fauna yang pengen gw coba lahap nih kalo ada kesempatan..
Yang pertama, telur Ballut a la Filipina dan Thailand. Telur ini adalah telur bebek berusia sekitar 3 minggu, yang kemudian direbus. Jadi hasil rebusannya itu bukan seperti telur rebus biasa. Tapi di dalemnya itu udah berupa embrio bebek, tapi tulangnya masih kenyal semua. Banyak orang yang bilang enak, dan itu makin bikin gw tambah penasaran!!
Yang berikutnya itu jajanan Thailand berupa sate-satean kelabang, cacing, dll. Di sana favorit banget. Sebenernya agak jijik juga sih....tapi katanya proteinnya banyak!! (padahal kalo emang gw mau protein, tinggal makan putih telur ato minum vitamin aja ya...hehe)

Ada yang punya ide lain tentang hewan aneh buat dimakan? Selain sop belatung lho!!

3 comments:

  1. daging kecoak aja dan. kayaknya asik tuh!

    ReplyDelete
  2. Oh iya..daging kecoa juga termasuk salah satu menu yang 'disate' di thailand lho. Hemmmm, membayangkan renyah 'krenyes-nya' sayp kecoak yang digoreng garing. Lebih campolay apabila ditambahkan saus tomat! hehe

    ReplyDelete
  3. APA nama makanan yang trrbuat Dari ayam yang di masuk kan ke dalam topples lalu di simpan hingga menjadi belatung , yang semula banyak menjadi said Karena sailing memakan yang lain trus di masak .
    Bila Ada yang tau nama makanan itu ?

    ReplyDelete