Friday, April 10, 2009

Bantu-Bantu Quick Count, Mengagumi Partisipasi Politik

Kamis 9 April 2009, pesta demokrasi Indonesia dibuka. Undangan udah disebar ( walopun banyak yag ga dapet sih). Yang punya acara ( KPPS ) juga udah siap menjamu tamunya.

Kebetulan, gw dapet kerjaan buat jadi surveyor untuk quick count oleh lembaga Ci*us. Kalo ente-ente nonton SCTV seharian tanggal 9 April kemaren, nah...itulah lembaga tempat gw mencari penghasilan dan sesuap nasi...hehe.
Tugas gw tuh simpel kok, cuma dateng ke salah satu TPS di PuloGebang (tentunya dipilih acak), ngelakuin wawancara sama 4 responden, memantau pelaksanaan keseluruhan pemilu di TPS itu, dan yang paling penting...nunggu hasil penghitungan suara DPR di TPS itu, untuk gw terusin ke pusat data lembaga Ci*us itu.

Oke, gw udah nyampe dari jam 7 kurang. Secara keseluruhan, tugas itu berjalan lancar. Panitia dan ketua KPPS di sana menyambut gw dengan baik, setelah gw tunjukkin surat tugas dan ID Card gw...semua lancar. Bahkan, saking gw disambut dengan baiknya, gw turut menikmati ransum makan siang dan makan malam berupa dua bungkus nasi Padang!! hehe...
Pada awalnya, jujur gw agak underestimate sama para pemilih di TPS itu. Maklum, tempatnya agak terpencil, dan orang-orangnya bisa dibilang agak.....yaaah, tipe yang ga terlalu ngeh sama politik.
Ternyata gw salah besar jack! Emang sih, partisipasinya ga terlalu tinggi. Dari 435 orang yang terdaftar dalam DPT, cuman 274 yang ikutan nyontreng. Tapi dari sejumlah orang yang nyontreng itu, ternyata pengetahuan mereka terhadap dunia politik bisa dibilang cukup baik. Gw sempet mengamati perbincangan seru di antara mereka soal partai-partai dan calonnya. Bahkan terkadang, ada yang sibuk ngomong soal parliamentery treshold segala! Haha, bagus...bagus...
Substansi yang meraka angkat juga bukan cuma pepesan kosong doang. Mereka ngomong kaya gitu bukan cuma dengan tujuan gaya-gayaan. Mereka ngomong karena mereka ngerti, karena mereka peduli, dan karena mereka pengen tau masa depan negara ini.
Sampe para panitia TPS itu menutup waktu pencontrengan, dan mulai penghitungan suara untuk DPRD, DPR dan DPD pun tempat itu masih rame. Bahkan penghitungan baru selesai sekitar jam 11an malem. Tapi itupun juga masih terus ditonton sama masyarakat. Ada yang udah sampe ngantuk-ngantuk, tapi mereka tetep kepingin di situ. Pingin tau, gimana hasil perolehan suara di daerah mereka. Gw cukup salut dengan semangat mereka.

Itulah yang bikin gw cukup heran...gw yang awal mulanya agak underestimate ternyata bisa dibikin takjub (hehe) dengan partisipasi dan semangat mereka.
Gw cukup bersyukur bahwa banyak dari mereka sadar bahwa ga cuma Caleg dengan promo gencar yang harus mereka pilih. Untungnya, kekhawatiran gw bahwa mereka bakal milih caleg yang kurang qualified ga terjadi (berhubungan sama post gw tepat sebelum ini) ga terlalu banyak terjadi.
Mereka milih caleg yang bener-bener mereka kenal, atau tidak sama sekali. Pola mereka sederhana, tapi cukup signifikan. Kebanyakan dari mereka mengincar presiden yang mereka pingin, dengan ngasih dukungan utama hanya kepada partai. Artinya, mayoritas pemilih memberi suara dengan baik. Suara tidak sah cuman dikit, karena minimal ada partai yang dicontreng di sana.
Tapi emang sih, kalo kebanyakan cuma pada milih partai, ujung-ujungnya pemilu ini sama seperti pemilu-pemilu sebelumnya. Caleg ga dipilih langsung sama masayarakat. Tapi buat gw, lebih baik kaya gini daripada cuman caleg dengan publisitas tinggi tapi otak NOL besar yang kepilih kan?

Terus, gimana dengan Quick Count-nya? Yah, gw sempet sms temen gw yang juga bertugas sama kaya gw. Dia dapet TPS di Gambir, dan jam 6an tugasnya udah selesai. Gw sendiri baru kelar sekitar jam setengah 10 an. Hasilnya? Yah, ternyata sesuai dengan hasil Quick Count nasional yang juga dilakuin sama LSI juga...di TPS PuloGebang itu, Demokrat juga dominan. Bedanya sama hasil Quick Count Nasional mungkin cuman di posisi 2-5 besar. Di TPS yang gw pegang itu, PKS juga cukup kuat. Bahkan ngalahin PDIP dan Golkar.
Yang jelas, sesuai dengan azas penelitian kuantitatif, bahwa sample harus dipilih berdasarkan acakan murni, gw rasa TPS yang gw pegang itu cukup merepresestasikan pola pemilih Indonesia kok.

Dan yang juga gw harap, semoga partisipasi dan kepedulian mereka terhadap politik Indonesia juga terepresantasikan.
Bukan apa-apa kok, ini semata demi negara kita sendiri. Demi kita bersama, iya kan?

No comments:

Post a Comment