Monday, September 14, 2009

Sekarang Giliranmu Nak!!

Indra Pradana
0606095084
Mahasiswa Ilmu Politik FISIP UI 2006

.....

Sedang menggarap Outline Bab I Skripsi

.....

Jiah, gaya banget ya?? Hehe.. Sekarang ini gw lagi disibukkan dengan mata kuliah bernama 'Seminar dan Pilihan Masalah'. Mata kuliah dengan bobot 4 sks, dan ajib-nya....inilah mata kuliah pengantar calon skripsi gw! (Ngomongin skripsi, tiba-tiba jadi merasa tua...)

Tapi tenang, walaupun judulnya " Indra 'Dandy' Pradana sedang memulai tahapan awal skripsinya", bukan berarti skripsinya akan selesai dalam masa-masa dekat ini kok. Perjalanan panjang itu masih akan bertambah panjang lagi.

Di antara temen-temen angkatan gw, kata "skripsi" sendiri kadang udah jadi tabu. Seandainya ada yang ngomong : "Gimana tema skripsi lo?", pasti di kejauhan akan ada yang sayup-sayup menimpali : "Anjir, jangan ngomong jorok di sini!!". Ya, sampe segitunya...skripsi dianggep jadi hal yang 'jorok' dan memacu sensitivitas tingkat tinggi dari teman-teman sendiri.


Itu baru soal pertanyaan tentang 'gimana kesiapan skripsi'. Seandainyapun ada kawan yang udah mengklaim "Eh, tema skripsi gw udah beres nih! Udah mulai garap bagian isi juga, tinggal dikit lagi kelar!!", dipastikan si manusia ceroboh tersebut akan kena full bogem mentah dari anak-anak seangkatan, sejurusan, mungkin sefakultas!

Lagi-lagi...sensitivitas tingkat tinggi bung

Rupanya ini yang dirasain sama senior-senior gw di masa lalu. Makhluk-makhluk yang dulu sering gw anggep sesepuh ilmu politik. Yang sering gw julukin "Senior muka berkerut" gara-gara jumlah kerutan dahi yang terus bertambah seiring bertmbahnya pula masa kuliah. Ya, sekarang giliran gw yang mengemban julukan itu dari 'adik-adik kelas yang manis'.

Gw masih inget perbincangan gw dengan senior gw anak angkatan 2005 (kali ini, kita samarkan dengan nama 'Anggrek'). Nah, si Anggrek ini notabene anak jurusan gw juga (Bagi yang lupa apa jurusan gw, silahkan liat lagi paragraf pertama post ini, atau liat di profil gw. Bagi yang malas untuk scroll mouse lagi ke atas, gw ingetin lagi kalo jurusan gw Ilmu Politik!). Perbincangan singkat ini dilakukan kira-kira sekitar 8 bulan yang lalu, di kantin fakultas gw. Begini ceritanya :

Gw : Eh cuy, tema skripsi lo apa? (bermaksud mencari info soal tema dan judul skripsi politiknya)
Kak Anggrek : (menyendok dan mengunyah nasi, lalu menjawab dengan santai) ...Politik...
Gw : .....
Kak Anggrek : (kembali menyeruput sisa Soto Ayam-nya, seakan tidak ada masalah pada jawabannya tadi)

Ingin rasanya menjejali mulut si Kakak Senior dengan sendok sotonya (Hehehe, ampun ya Kak)
Habis gimana ga emosi? Ditanya serius, niatnya cari referensi seandainya gw garap skripsi juga...kok jawabannya rese gitu?? Yaiyalah gw tau tema-nya pasti 'Politik', tapi ya mbok dispesifikasi gitu lho...politik mana? Soal masalah apa? Tahun berapa? Deskriptif atau analitis?
ckckckckckckck

8 bulan yang lalu, gw tercekik mendengar jawaban itu. Gw gatel denger tema yang sagat general itu.

Tapi...itu semua berubah sekitar sebulan yang alu. Berubah seketika saat gw yang harus berada di posisi Kak Anggrek.
Soal tema? Gw berniat untuk membahas Revolusi Bolivarian yang terjadi di Venezeula. Pas dikasih pertanyaan pertama sama dosen gw soal : apa masalah utama yang pingin gw angkat?
Gw terdiam, membisu, tercekat, ga bisa berkata-kata.
Apa masalahnya?? Masalahnya adalah.....gw ga tau apa masalahnya!! Niat gw cuma ngebahas soal proses revolusi itu, disertai dengan seuprit analisa. Tapi ga ada masalah yang bisa gw angkat. Pingin rasanya gw jawab, masalah utama gw adalah : POLITIK!! (yah, ini sebenernya jawaban Kak Anggrek sih).
Gw hanya bisa berharap semoga kisah gw ini tahun depan ga diangkat di blog junior gw, dan tiba-tiba gw disebut sebagai Kak Teratai

Saudara-saudari.....gw sedang bingung!! Gw bingung sama topik skripsi gw yang ternyata ga bermasalah. Kalo bisa cari masalah, gw mau deh...bah!
Bahkan hanya untuk ngebahas Outline yang hanya cuma kerangka awalpun, gw gak gape buat bikin ini!!
Semua tugas gw terbengkalai demi momok yang satu ini. Nafsu makan gw jadi berkurang (ehm...sebenernya ga juga sih). Gw harus fokus ke diri gw sendiri, sehingga ga berminat dulu untuk cari cewe (ehm...sebenernya emang ga laku sih). Ya Tuhan, gw butuh doa dan restu dari pembaca sekalian untuk menyelesaikan skripsi gw. Gw ga pingin jadi Kak Teratai!!

No comments:

Post a Comment